Bangka Barat Jalin Kemitraan Sukseskan Germas PHBS

46

MUNTOK – Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memperkuat kemitraan untuk menyukseskan Gerakan Masyarakat Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Penguatan kemitraan dengan seluruh elemen masyarakat kami harapkan akan mampu menggalang kerja sama antarlini, sehingga peningkatan kualitas dan derajat kesehatan semakin tinggi,” kata Asisten Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat bidang Pemerintahan dan Sosial, Muhammad Soleh, di Muntok, Rabu (6/12/2017).

Menurut dia, suksesnya Germas PHBS yang diharapkan mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat tidak akan terlepas dari peran aktif seluruh elemen yang ada di daerah itu.

“Semua pihak memiliki tanggung jawab dan peran dalam menyukseskan program Germas PHBS,” kata dia.

Untuk itu, pemerintah daerah akan terus mengkampanyekan gerakan tersebut, agar dapat menggerakkan seluruh elemen, baik dukungan dari sektor pemerintah, penggalangan kemitraan dengan swasta, organisasi kemasyarakatan serta seluruh elemen masyarakat lainnya melalui penyelenggaraan kemitraan, pemberdayaan masyarakat dan penyebarluasan informasi.

Germas PHBS merupakan suatu rangkaian kegiatan yang sistematis, massif dan berkelanjutan yang diharapkan dapat mempercepat dan menyinergikan tindakan dari upaya promotif dan preventif hidup sehat guna meningkatkan produktivitas penduduk mengurangi beban masyarakat akibat penyakit.

Pemerintah Kabupaten Bangka Barat secara resmi telah meluncurkan program Germas PHBS pada Agustus 2017 di Desa Mancung, Kecamatan Kelapa dan Bupati Parhan Ali juga sudah mengeluarkan surat edaran tentang germas bagi seluruh OPD di lingkungan Pemkab Bangka Barat.

“Kami mengajak seluruh elemen yang ada untuk bersama-sama meningkatkan derajat kesehatan dengan melaksanakan Germas PHBS,” kata dia.

M Soleh mengharapkan, dengan semakin disebarluaskannya informasi germas akan dapat meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi seluruh lapisan masyarakat agar terwujud derajat kesehatan yang optimal. Salah satunya melalui perubahan perilaku yang tidak sehat menjadi pola perilaku hidup bersih dan sehat. (Ant)

Komentar