Banyak Guru Honorer Mengajar di SD Negeri

MAUMERE – Banyaknya guru negeri di Kabupaten Sikka yang bertugas di sekolah swasta, mengakibatkan sekolah-sekolah negeri kekurangan guru dan harus diisi oleh guru-guru swasta yang kebanyakan merupakan guru honor komite.

“Sebenarnya jumlah guru berstatus pegawai negeri di kabupaten Sikka mencukupi, namun akibat sekolah-sekolah swasta kekurangan guru, sehingga guru negeri ditempatkan di sekolah-sekolah swasta yang didirikan yayasan,” ungkap Stef Sumandi, Kamis (14/12/2017).

Anggota DPRD Sikka, Steg Sumandi, -Foto: Ebed de Rosary

Dikatakan anggota Komisi III DPRD Sikka ini, sekolah-sekolah swasta memang didirikan dengan niat baik untuk mencerdaskan masyarakat terutama masyarakat desa. Namun dalam perjalanannya, sekolah-sekolah tersebut kekurangan guru sehingga pemerintah berinisiatif menempatkan guru negeri di sekolah swasta.

“Kalau melihat rasio guru negeri dan sekolah negeri memang mencukupi. Namun, akibat mereka bertugas di sekolah swasta, maka sekolah negeri di pelosok desa terpaksa ditempati guru honor yang gajinya berasal dari komite,” ungkapnya.

Pemerintah kabupaten Sikka bersama DPRD Sikka memang telah bersepakat mengalokasikan dana sebulan 500 ribu rupiah untuk intensif bagi guru honor komite. Dengan demikian, guru-guru tersebut bisa mendapatkan tambahan penghasilan.

Lihat juga...