Lebaran CDN

BI Dorong Warga Kembangkan Sumber Pendapatan Baru

KENDARI – Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tenggara mendorong warga setempat untuk mengembangkan sumber pendapatan baru. Khususnya pendapatan dengan memanfaatkan potensi pariwisata.

Kepala BI Perwakilan Sultra, Minot Purwahono menyebut, sektor pariwisata memiliki potensi yang cukup besar. “Pengembangan sektor pariwisata akan memberikan dampak positif terhadap munculnya sumber-sumber ekonomi kecil bagi warga yang akan menjadi sumber pendapatan baru,” katanya, Minggu (17/12/2017).

Setiap ada tempat objek wisata yang baru, maka di situ akan tumbuh sektor ekonomi lain yang melibatkan warga setempat atau warga sekitar objek wisata. Meski sektor usaha yang muncul adalah usaha kecil, namun aktivitasnya memberikan dampak secara langsung kepada masyarakat.

Untuk itu Minot berharap, pemerintah setempat untuk senantiasa mempromosikan potensi wisata di daerah masing-masing. Hal tersebut akan sangat efektif dalam mendorong dan menumbuhkan ekonomi masyarakat. “Upaya promosi pariwisata diharapkan terus dilakukan untuk mendongkrak ekonomi warga dan daerah,” katanya.

Selain sektor pariwisata, sektor pertanian dinilai juga dapat memunculkan beberapa sumber pendapatan baru bagi masyarakat. Terutama jika pertanian yang berkembang di masyarakat mendapat pendampingan dan dukungan pemerintah setempat. (Ant)

Lihat juga...