BMKG Sebut Hujan Intensitas Lebat Guyur Wilayah Sumbar Hingga Dini Hari

PADANG — Badan Meteorlogi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kataping, Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) memperkirakan hujan dengan intensitas lebat akan mengguyur sejumlah daerah di Sumbar hingga dini hari nanti.

Kasi Observasi dan Informasi BMKG Ketaping, Padang Pariaman, Budi Imam Samiaji mengatakan jika dilihat pagi hari tadi, cuaca di sejumlah daerah di Sumbar terlihat cerah berawan. Namun, potensi hujan terlihat disiang hari, dan diperkirakan akan berlangsung hingga dini hari tadi.

“Hingga sore ini hujan masih turun di Kota Padang dan sejumlah daerah lainnya dengan intensitas sedang-lebat, dan potensi hujan pun masih terlihat,” katanya, ketika dihubungi Cendana News, Minggu (31/12/2017).

Kasi Observasi dan Informasi
BMKG Ketaping, Padang Pariaman,
Budi Imam Samiaji/Foto: Ist

Ia menjelaskan daerah-daerah yang diperkirakan turun hujan pada sore hari ini yaitu Kabupaten Kepulauan Mentawai, Pasaman Barat, Kota Pariaman, dan Agam. Sedangkan di hari nanti, hujan ringan akan mengguyur daerah di Kabupaten Pasaman Barat, Sawahlunto, Limapuluh Kota, Payakumbuh, Padangpanjang, Solok Selatan, Sijunjung, Pasaman, Agam, Bukittinggi, dan Tanah Datar.

Selanjutnya, untuk perkiraan hujan sedang pada dini hari nanti yakni di Kabupaten Limapuluh Kota, Dharmasraya, Payakumbuh, Solok Selatan, di Kota Padang, Solok, Sawahlunto, Padang Pariaman, Pariaman, Padangpanjang, Sijunjung, Pasaman, Agam, Bukittinggi, dan Kabupaten Solok.

“Kondisi yang demikian diperkirakan akan berlangsung hingga tiga hari ke depan,” ujarnya.

Untuk itu, bagi daerah yang diguyur hujan dengan intensitas sedang-lebat, perlu waspada terjadinya banjir atau longsor, mengingat hujan yang dengan rentang waktu yang cukup lama.

Sementara itu, salah seorang warga di Provinsi Jambi, yang merupakan provinsi tetangga dengan Sumbar, Isep mengatakan bahwa di daerahnya itu juga tengah berlangsung hujan dengan intensitas sedang-lebat. Kondisi itu sudah terjadi sejak pagi tadi.

“Alhamdulillah di sini hujan. Jadi saya berharap hujan ini awet hingga dini hari. Supaya tidak ada suara kembang api yang bikin kaget,” katanya ketika dihubungi dari Padang.

Ia juga menyebutkan, setelah menghubungi sahabatnya yang berada di Provinsi Kepulauan Riau, Batam, siang tadi, di daerah tersebut juga tengah diguyur hujan dengan intensitas sedang-lebat.

Kondisi hujan yang turun ini, disambut dengan senang hati bagi sejumlah masyarakat, karena menilai dengan adanya turun hujan, maka anak-anaknya bisa berdiam diri di rumah, tanpa perlu pergi ikut meramaikan pesta pergantian tahun.

Lihat juga...