BPBD Pangkalpinang Pantau Wilayah Rawan Banjir

PANGKALPINANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus siaga dan memantau beberapa wilayah yang rawan banjir.

Pemantauan dilakukan sebagai bagian dari kesiapsiagaan mempertimbangkan kondisi cuaca yang cukup ekstrem. “Saat ini kondisi curah hujan di Pangkalpinang cukup tinggi dan kondisi air laut juga sedang pasang. Untuk itu tim SRC rutin melakukan pemantauan terhadap wilayah rawan banjir,” kata Kepala BPBD Kota Pangkalpinang, Mikron Antariksa, Senin (18/12/2017).

Selain memantau wilayah rawan banjir, BPBD juga melakukan upaya pembersihan sampah-sampah di selokan yang dapat menghambat jalannya air untuk mengalir. “Jumat (15/12/2017) lalu kami juga sudah melakukan kegiatan gotong royong di Jalan Jambrut Kelurahan Semabung. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari mitigasi bencana yang terus kami lakukan,” tambahnya.

Beberapa waktu lalu BPBD juga telah memberikan pelatihan kepada para personel dalam penanggulangan bencana khususnya di wilayah Kota Pangkalpinang. Dan saat ini telah terbentuk tim penanggulangan bencana yang diketuai wali kota dan Kapolres Pangkalpinang.

Tim tersebut akan bergerak dan berjalan sesuai rencana berlanjut dari BPBD Pangkalpinang. “Sedangkan untuk untuk peralatan, kami telah menerima bantuan dari BPBD provinsi dan BNPB RI berupa dua unit perahu karet, dua unit perahu pilipin dan satu unit tenda,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...