BPJ Kalahkan Hangtuah Sumsel 65-58

BANDUNG — Bima Perkasa Jogja (BPJ) mengalahkan BSB Hangtuah Sumsel dengan skor 65-58 dalam lanjutan seri II Liga Bola Basket Indonesia (IBL) Pertalite 2017-2018 yang digelar di GOR C-Tra Arena, Bandung, Sabtu.

Ini adalah kemenangan kedua BPJ dari empat laga di IBL 2017-2018. Satu kemenangan lainnya diraih dari Siliwangi Bandung dan kekalahan didapat dari Bank BJB Garuda Bandung serta Satria Muda Pertamina.

Sementara bagi Hangtuah Sumsel kekalahan itu merupakan yang keempat kalinya secara beruntun di IBL 2017-2018 setelah sebelumnya takluk dari Pacific Caesar Surabaya, Stapac Jakarta dan Satria Muda Pertamina.

BPJ sendiri tidak meraih kemenangan atas Hangtuah dengan mudah sebab mereka awalnya tertinggal 13-22 di kuarter pertama.

Namun, penampilan cemerlang dua punggawa asing BPJ Anthony Mc Donald dan Emilio Park mampu membawa BPJ bangkit di tiga kuarter setelahnya dan menang dengan skor 65-58.

Emilio Park sendiri menjadi yang terdepan di BPJ dengan menorehkan double-double, 23 poin, 18 rebound dan satu assist di laga itu.

Sementara di kubu Hangtuah Nahshon George mencetak angka tertinggi dengan 27 poin, 13 rebound dan tiga assist.

Meski timnya menang, pelatih BPJ Raoul Miguel Hadinoto menyebut pemainnya tidak tampil maksimal. Namun mereka akhirnya bisa menang karena pertahanan yang rapat.

“Kuarter ketiga dan keempat kami bertahan dan membatasi gerak lawan terutama pemain asingnya,” ujar Raoul sembari menyebut dia dan timnya langsung fokus menghadapi seri III IBL di Solo pada 23-25 Desember 2017.

Pelatih yang akrab disapa Ebos ini melanjutkan, ada beberapa hal yang masih harus dievaluasi dari penampilan timnya di seri II IBL terutama tentang kesalahan atau “turn over”.

Seperti di partai kontra Hangtuah, walau menang, BPJ melakukan 19 kali turn over sedangkan lawannya hanya 13 kali.

“Ini memang menjadi pekerjaan rumah kami, termasuk transisi dari menyerang ke bertahan,” tutur Raoul.

Sementara kubu Hangtuah Sumsel mengakui bahwa mereka tidak bermain bagus melawan BPJ. Akan tetapi, asisten pelatih Hangtuah Harry Prayogo memuji daya juang pemainnya.

“Mereka sudah berjuang. Saya yakin kami bisa lebih baik di laga berikutnya,” kata Harry.

Sama seperti BPJ, Hangtuah juga sudah menyelesaikan semua pertandingannya di seri II dan akan kembali bertanding di seri III di Solo, Jawa Tengah.[Ant]

Lihat juga...