BPJS Kesehatan Kaltimseltengta Terapkan Germas

BALIKPAPAN — Gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) yang dicanangkan Pemerintah Pusat terus diimplementasikan dan disosialisasikan ke masyarakat untuk mengajak masyarakat hidup sehat. Praktik gerakan masyarakat hidup sehat merupakan salah satu wujud revolusi mental, karena melalui Germas mengajak masyarakat untuk membudayakan hidup sehat.

Deputi Direksi BPJS Kesehatan wilayah Kaltimseltengra Ni MAS Ratna Sudewi mengungkapkan pemerintah mengingatkan masyarakat untuk menjaga kesehatan melalui gerakan masyarakat hidup sehat dalam mewujudkan Indonesia sehat.

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat merupakan tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

“Pemerintah mengajak masyarakat untuk menjaga kesehatan melalui gerakan masyarakat hidup sehat. Germas harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian,” jelasnya saat ditemui Jumat, (15/12/2017).

Dalam menerapkan Germas tersebut, BPJS Kesehatan wilayah Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah menerapkan gerakan Germas untuk karyawan atau pegawainya.

“Gerakan itu dalam satu hari dilakukan dua kali yaitu pukul 08.00 pagi dan 14.00 wita. Gerakannya olahraganya sederhana untuk meregangkan otot agar tidak kaku, apalagi bagi pekerja yang berada di perkantoran,” paparnya.

Menurutnya, pekerja perkantoran merupakan bagian masyarakat yang juga harus melaksanakan perilaku hidup sehat selama bekerja. Pekerja kantor umumnya sedentary (kurang gerak) menghabiskan sebagian besar waktunya duduk di depan layar monitor komputer.

“Perilaku kerja sedentary (kurang gerak) bisa menjadi faktor risiko penyebab penyakit tidak menular (hipetensi, kolesterol, dan lain-lain) dan keluhan otot rangka pada pekerja perkantoran,” beber perempuan yang akrab disapa Ratna.

Ia menambahkan gerakan germas sehari dua kali itu hanya berdurasi 3-5 menit dengan gerakan yang ringan agar pekerja tidak dapat meregangkan ototnya setelah bekerja di depan komputer.

“Tidak lama gerakannya hanya sekitar 3-5 menit untuk melakukan gerakan. Selanjutnya bisa kembali bekerja. Dan itu bagian dari aktivitas fisik yang dilakukan untuk pekerja kantor,” imbuhnya.

Lihat juga...