BPKS Ajak UKM Lahirkan Produk Berdaya Saing

BANDA ACEH – Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) mengajak pelaku usaha kecil menengah (UKM) melahirkan produk berkualitas sehingga mampu bersaing secara global.

“Kami mengajak pelaku UKM yang ada di Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang melahirkan produk berkualitas, diminati pasar serta memiliki daya saing global,” kata Deputi Komersial dan Investasi BPKS Syafruddin Chan di Sabang, Kamis.

Sebelumnya, BPKS melatih dan membina puluhan pelaku UKM di Kota Sabang. Pelatihan dan pembinaan tersebut sebagai upaya meningkatkan kapasitas pelaku UKM agar mampu berkreasi dan berinovasi melahirkan produk berkualitas.

Selain itu, untuk mengajak pelaku UKM berperan serta dalam membangun kawasan Sabang. Peran itu dengan memanfaatkan peluang dan fasilitas sebagai kawasan pelabuhan dan perdagangan bebas.

“Pembinaan pelaku UKM dilaksanakan dalam rangka mendorong dan mengajak mereka proaktif melahirkan produk berdaya saing di pasar global,” kata Syafruddin Chan.

Ia berharap dengan pembinaan dan pelatihan tersebut, pelaku UKM mendapatkan pencerahan bagaimana menciptakan sesuatu agar dapat menjadi salah satu produk yang diminati.

“Seperti memproduksi suvenir unik khas Sabang yang diminati wisatawan. Selain itu, pelatihan ini juga melatih UKM mengimpor barang bebas bea dalam partai kecil untuk dapat dijual kembali ke Sabang,” kata dia.

Syafruddin Chan menambahkan pelatihan tersebut juga meliputi penguasaan teknologi informasi sehingga UKM di Sabang mampu memahami tata cara belanja dalam jaringan dari situs luar maupun dalam negeri.

“Perkembangan teknologi informasi yang serba mudah, murah dan cepat, menuntut adanya sebuah unit bisnis untuk bekerja secara efisien agar bisa bertahan untuk maju. Karenanya, kami mengajak UKM di Sabang juga memanfaatkan kemajuan teknologi informasi tersebut,” kata Syafruddin Chan. (Ant)

Lihat juga...