Bupati Gowa Ajak Pemkot Makassar Atasi Banjir

GOWA – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, akan berkoordinasi dengan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto untuk mengatasi banjir yang terjadi di dua daerah, perbatasan antara Makassar dan Gowa.

“Khusus banjir di wilayah Sailong, memang kondisinya setiap tahun banjir. Namun, untuk mengatasi itu harus koordinasi dengan Pemkot Makassar,” ujar Adnan Purichta Ichsan, yang memantau banjir di wilayahnya, Jumat (22/12/2017).

Ia mengatakan, salah satu titik banjir paling parah di Dusun Sailong, Desa Sunggumanai, Kecamatan Pattallassang ini, pihaknya sudah sering melakukan pembenahan-pembenahan dan mencari solusinya.

Namun, upaya yang dilakukannya itu tidak membuahkan hasil, karena air bah tetap saja menggenangi daerah tersebut. Apalagi, memang berbatasan dengan wilayah Makassar yang membutuhkan juga perbaikan-perbaikan oleh Pemkot Makassar.

“Jadi, kami imbau agar warga bersabar saja dulu sepanjang tidak ada perhatian dari pemerintah kota Makassar, maka kondisi Sailong akan tetap kebanjiran. Tapi, kita akan upayakan agar warga terbebas dari banjir,” katanya.

Adnan mengaku, penanganan banjir di dua wilayah memang harus dilakukan dengan duduk bersama mencari solusi dan bekerja bersama agar perbaikan-perbaikan bisa membebaskan warga dari banjir tahunan tersebut.

“Kami tidak salahkan Pemerintah Kota Makassar. Cuma butuh perhatian pemerintah kota Makassar untuk bersinergi, karena biar pun kami di Gowa melakukan penataan penanganan banjir di Sailong, maka tetap akan begitu jika Pemkot tidak berupaya menanganinya juga. Saya akan ajak Pak Wali Kota untuk melihat kondisi wilayah Sailong yang berbatasan Makassar supaya beliau tahu detilnya, sehingga bisa segera mencari solusinya bersama,” tandasnya.

Sebelumnya, hujan yang terjadi selama beberapa hari ini membuat sejumlah wilayah baik di Makassar, Gowa dan Maros menjadi banjir, di mana Maros dan Gowa adalah penyangga kota Makassar.

Banjir yang terjadi tahun ini oleh semua kalangan dianggap sebagai banjir terparah jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Karenanya, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan akan melakukan koordinasi lintas sektoral demi mengatasi permasalahan banjir tersebut. (Ant)

Lihat juga...