Cegah Penimbunan Pangan Disdag NTT Siagakan TPID

KUPANG — Dinas Perdagangan (Disdag) Nusa Tenggara Timur tengah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memantau ketersediaan bahan pangan pokok dan mencegah penimbunan menjelang Natal dan Tahun Baru.

Meskipun hasil pantauan di sejumlah pasar tradisional dan pusat distributor dalam Kota Kupang, Jumat (8/12), ketersediaan barang kebutuhan pokok masih mencukupi menjelang perayaan Natal dan tahun baru, kata Kepala Dinas Perdagangan NTT Simon Tokan, di Kupang, Sabtu (9/12/2017).

Jadi, menurut dia, apabila melihat kondisi saat ini maka tidak ada alasan pedagang melakukan spekulasi menimbun bahan pangan pokok, karena stok mencukupi.

“Jika ada dugaan terjadi stok yang berkurang, maka Disdag melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) akan berkoordinasi dengan pihak terkait melihat ke gudang stok untuk mengetahui aman atau tidak, kemudian didistrubusikan,” katanya.

Hal ini dimaksudkan untuk menyelamatkan konsumen dari ulah orang-orang tidak bertanggung jawab yang mencoba berspekulasi mencari keuntungan sesaat menjelang dan saat hari raya.

Solusi lain, katanya, untuk mencegah hal itu maka pihaknya juga telah bekerja sama dengan distributor bahan pokok pada wilayah tersebut untuk memastikan tidak terjadi kekurangan stok di tingkat pengecer dan konsumen.

Apalagi katanya secara nasional Mendag telah menegaskan jika pemasok tidak memenuhi stok atau tidak mendistribusikan barang, Kemendag akan mencabut izin ekspor perusahaan tersebut, terutama bagi importir yang menimbun persediaan barang di gudang untuk memainkan harga.

TPID Kupang sebelumnya memantau harga dalam pasar-pasar tradisional dalam Kota Kupang dan berdiskusi dengan para pedagang untuk mengetahui kondisi persediaan bahan-bahan pokok yang dijual serta kondisi harga terkini.

Hasilnya adalah stoknya masih cukup dan harga juga umumnya masih dalam batas wajar, hanya ada harga kebutuhan seperti ayam yang naik karena ada satu perusahaan yang suplainya kurang, tapi yang dijual perorangan stoknya masih ada.[Ant]

Lihat juga...