Ciptakan Lingkungan Bersih, Pemkot Balikpapan Bersihkan Tali Air

BALIKPAPAN — Saat cuaca cerah dan tidak dilanda hujan, Unit Pelaksana Teknis Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Balikpapan mengerahkan seluruh tim untuk membersihkan tali-tali air dan drainase. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya banjir dan menciptkan lingkungan yang bersih.

Seluruh akses drainase yang berada di Jalan Jenderal Sudirman dilakukan pembersihan oleh petugas UPT, dan yang menjadi fokus pembersihan adalah pada tali-tali air yang menjadi pembuangan air ke saluran drainase.

“Kita beberapa hari terakhir sudah fokus melakukan pembersihan tali-tali air di sepanjang Jenderal Sudirman. Kemudian drainase pada Sungai Sepinggan dan dranase di Tugu Adipura juga dilakukan pengeruka sedimen,” papar Kepala Dinas Pekerjaan umum Balikpapan, Tara Alorante, Rabu (20/12/2017).

Menurutnya, masih fokusnya membersihkan tali air di Jalan Sudirman karena jalan tersebut apabila hujan terjadi genangan air karenanya ali air yang ada harus bersih dari sampah yang bisa saja menyumbat jalannya air.

Sedangkan pembersihan dilakukan dengan cara manual yaitu dibersihkan langsung oleh petugas, termasuk yang ada di Tugu Adipura. Karena dua alat eskavator dikerahkan untuk melakukan pengerukan sedimen di sungai Sepinggan.

“Untuk sementara hanya sebatas manual dibersihkan petugas langsung,” tukasnya.

Dikatakannya, selama dua minggu mendekati akhir tahun pengerukan sedimen tanah sepanjang saluran drainase besar Sungai Sepinggan. Mengingat kondisi saluran yang ada banyak ditutupi sedimen tanah yang cukup tinggi, sehingga diperlukan waktu yang lama dalam membersihkan saluran tersebut.

“Kami sudah turunkan dua eskavator, tapi sedimennya masih tinggi. Makanya kami perlu waktu,” tandas Tara.

Dia menambahkan pengerukan sedimen di Sungai Sepinggan dilakukan secara rutin dari tahun ke tahun. Sungai Sepinggan merupakan saluran besar yang alirannya berasal dari daerah hulu seperti di wilayah Gunung Bahagia dan Perumahan Korpri Sepinggan Baru.

“Saat hujan turun maka air akan membawa tanah turun ke drainase. Wilayah hulunya sudah banyak yang berubah menjadi perumahan dan lahan kosong,” tutupnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Balikpapan, Tara Alorante-Foto: Ferry Cahyanti.
Lihat juga...