Dari Lapangan Tenis Terbengkalai, UKM Voli UMI Raih Prestasi

MAKASSAR — Lapangan bola tenis  yang tadinya terbengkalai di depan Fakultas ekonomi, Universitas Muslim Indonesia ini dimanfaatkan benar oleh beberapa Mahasiswa UMI yang menyukai olah raga bola voli.  Mereka menjadikan lapanagn tenis yang terlantar ini  tempat latihan Unit Kegiatan Mahasiswa bola Voli UMI.

UKM bola voli UMI terbentuk sejak 5 Juni 2010 didirikan oleh 3 Mahasiswa UMI. Awalnya UKM bola Voli ini bergabung dengan UKM voli Universitas Hasanuddin. Hingga Furkam Mahar, Muadin, Muh. Farid berinisiatif memanfaatkan lapangan bola tenis yang tidak terpakai, lalu dijadikan tempat latihan serta sekertariat UKM bola voli UMI dan berpisah dari UNHAS.

Nagi, Ketua Umum UKM bola voli UMI ini menjelaskan lapangan bola tenis yang dipakai sebagai tempat latihan ini awalnya terlantar dan dipenuhi rumput liar.

“Hingga UKM bola voli muncul dan menata ulang lapangan bola voli ini sebagai tempat perkumpulan para mahasiswa pecinta bola voli dan menjadikan lapangan sebagai tempat latihan,” jelas Nagi saat ditemui Cendana News beberapa waktu lalu.

Sekalipun lapangan tenis ini di kala musim hujan saat sekarang lapangan tenis ini sering tergenang oleh air. Tak hayal para mahasiswa tersebut tidak latihan secara maksimal, dikarenakan terkendala seperti itu. Meski di tengah keterbatasannya UKM bola voli UMI ini sering mengikuti turnamen seperti cup dan liga.

Seperti pertandingan Kejuaraan Piala Bupati Luwu Utara, Kejuaraan Piala Kapolda V antar pelajar, Unhas Cup dan voli pasir. Dari keselurahan pertandingan yang diikuti oleh tim voli ini selalu menjadi juara 1 dan 2. UKM bola voli UMI ini sering mengadakan liga besar yang melibatkan atlet bola voli sesulawesi selatan.

Nagi menambahkan meski tempat yang kami gunakan sederhana bahkan sering banjir akan tetapi pretasi yang ditorehkan oleh tim bola voli UMI sangat membanggakan.

“Tim kami jika ikut berlaga hanya bermain di juara 1 dan juara 2. Apalagi tim putrinya selalu dapat juara 1 mengalahkan tim voli dari universitas lain,” jelasnya lagi.

Meski baru berdiri selama 6 tahun sampai sekarang anggota peserta yang aktif sekitar 500 orang. Setiap kali bertanding disatu turname tim voli umi menurunkan 2 tim. Hal ini bertujuan untuk mejaga hal-hal yang tidak diiginkan seperti pemain cedera atau pemain yang sakit.

Untuk saat ini tim voli UMI mewadahi 34 atlet voli yang aktif bertanding dalam setahun ini. Hal yang paling membanggakan lagi tim voli ini pernah bertanding sampai ke Kabupaten Luwu Timur. Selain itu tim putrinya mendapat juara pertama kejuaraan voli sekabupaten Luwu Timur.

Mahasiswa fakultas pertanian ini juga mengatakan bahwa dalam setahun ini prestasi yang paling membagakan untuk UKM bola voli adalah mengikuti turnamen bola voli Luwuk Timur.

“Bagi saya pribadi sebagai ketua Umum UKM bola voli UMI adalah prestasi yang membanggakan berhasil membawa teman menjuarai cup lutim serta voli pasir pantai putri dan saya juga,” tuturnya.

Lihat juga...