Delman Monas, ‘Reborn’

151

JAKARTA — Ada sebuah pemandangan berbeda di sekitar kawasan Monumen Nasional (Monas) pada libur Natal kali ini, Senin (25/12/2017). Sejumlah delman dengan hiasan khas budaya Betawi berjejer  di sisi depan pintu masuk.

Sesaat setiba Cendana News hendak menyeberang menuju Monas dari arah Jalan Veteran, sebelah Masjid Istiqlal, tiba-tiba dikejutkan moda transportasi lawas melintas, yaitu delman. Tampak delman tersebut mengangkut penumpang.

Rupanya, tak hanya satu delman saja. Semakin mendekat sisi depan gerbang pintu Monas sisi Tenggara, ada sejumlah delman lainnya. Mereka tengah memarkirkan delman, siap menanti penumpang wisatawan menuju dan dari Monas.

Beberapa delman tampak mengangkut penumpang di luar kawasan Monas. Tampak mereka melewati seberang Kementerian Dalam Negeri dan depan Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.

Beberapa pengunjung memanfaatkan musim liburan Natal dengan menikmati suasana Monas. Mereka naik delman keliling Monas.

Dari suasana dan pemandangan baru tersebut, apakah para tukang delman telah mengantongi izin untuk beroperasi di luar kawasan sekitar Monas?

Sementara, bila menelisik ke belakang, delman sempat pernah dilarang beroperasi di kawasan Monas pada masa Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Apakah itu berarti gubernur dan wakil gubernur baru, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno telah memberi sinyal bagi para tukang delman untuk kembali beroperasi?

Yang pasti, kini delman telah kembali dan bukan sekadar diwacanakan untuk menghiasi Monas.

Sebelumnya, para tukang delman yang tergabung dalam Persatuan Delman Betawi, pada Senin (20/11), mengadu kepada  Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno. Dari situlah kemudian, Pemerintah DKI Jakarta berencana mengizinkan kembali delman beroperasi di Tugu Monas, untuk keperluan wisata.

Kini, delman itu telah beroperasi kembali, setelah sempat tidak beroperasi di masa Ahok dan telah cukup lama mewarnai perjalanan panjang kawasan Monas sejak 1992. Delman Monas reborn?

Baca Juga
Lihat juga...