Desa Bono Diguyur Hujan Deras, Keberadaan RTLH Terkuak

SOLO – Hujan deras yang disertai angin yang terjadi pada Selasa malam, membuat sebuah rumah di Klaten, Solo, Jawa Tengah, roboh. Beruntung saat kejadian, pemilik rumah bisa menyelamatkan diri, sehingga tidak ada korban jiwa.

Menurut salah satu saksi, Rosid mengatakan, saat itu, rumah yang berada di dukuh Tlogowono, Desa Bono, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, tengah diguyur hujan deras yang disertai angin. “Mungkin kondisi rumah yang cukup tua, semakin tak kuat diterpa hujan sehingga roboh,” katanya, Rabu (20/12/2017).

Saat kejadian, pemilik rumah yang diketahui bernama Sidiq, tengah berada di bagian depan. Sedangkan rumah yang roboh bagian belakang. Kerusakan cukup parah, karena hampir sepertiga atapnya rumah roboh.

“Beruntung baru di depan rumah. Kalau sudah di dalam mungkin bakal terkena reruntuhan,” lanjut dia.

Akibat kejadian itu, pemilik rumah untuk sementara harus mengungsi ke tempat saudara untuk beberapa waktu. Sebab, untuk memperbaiki rumah tidak bisa selesai dalam sehari. Terlebih, kondisi pemilik rumah yang hanya tinggal sendiri dan masuk warga miskin, belum bisa membeli bahan material.

“Untuk satu atau dua hari ke depan, bisa numpang ke tempat saudara,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Bono, Bakdiono menambahkan, robohnya rumah milik Sidiq selain tak kuat diterpa hujan dan angin, karena sudah mulai lapuk. Untuk kategori warga miskin, dirinya juga membenarkan karena sejauh ini untuk bantuan rumah tak layak huni (RTLH) masih jarang didapatkan.

“Memang sudah agak tua rumahnya. Bangunan dan atap yang ada terlihat sudah mulai lapuk. Jadi kalau tidak kuat saat diterpa hujan, apalagi ditambah angin yang membuat roboh,” katanya.

Hingga saat ini, pihak desa masih mendata untuk rumah yang masuk kategori tak layak huni. Dari 8 dukuh yang ada di wilayahnya, sebagian besar warganya berprofesi sebagai buruh dan petani. Kondisi itu membuat kondisi perekonomian warga terbilang pas-pasan.

“Untuk kategori miskin, di desa Bono tergolong cukup banyak. Tapi kalau rumah tak layak huni, saya kira tinggal sedikit,” imbuhnya.

Kondisi rumah warga Klaten yang roboh. Foto: Harun Alrosid
Lihat juga...