Dinginnya Air Terjun Titian Batu Kawangan Lombok Tengah

LOMBOK — Salah satu objek wisata air terjun yang sedang ramai dikunjungi masyarakat maupun wisatawan di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) adalah air terjun Titian Batu Kawangan, Desa Lantan, Kecamatan Batukliang, Kabupaten Lombok Tengah.

Air terjun Titian Batu Kawangan baru sekitar satu tahun ditemukan masyarakat. Air terjun dengan hawa dingin dan aliran deras tersebut ditemukan di balik bukit kawasan hutan Desa Lantan.

“Semenjak ditemukan, hingga sekarang, setiap libur akhir pekan, air terjun Titian Batu Kawangan selalu ramai kunjungan, baik dari masyarakat NTB maupun wisatawan luar termasuk wisatawan asing,” kata Hamdani warga Desa Mantang, Kabupaten Lombok Tengah saat liburan, Minggu (17/12/2017).

Meski demikian, karena terhitung baru belum banyak masyarakat maupun wisatawan yang tahu akan keberadaan lokasi air terjun, disamping medan jalan menuju lokasi juga belum bagus.

Hanya berupa jalan tanah setapak yang biasa digunakan pemilik kebun kopi atau kakao ke kebunnya, sehingga untuk ke lokasi hanya bisa menggunakan sepeda motor.

“Pergi ke air terjun Titian Batu Kawangan juga harus bergerombolan, biar ramai, karena harus melewati kebun kopi yang panjang dan sepi,” terang Hamdani.

Hamdani saat mandi di air terjun Titian Batu Kawangan Lombok/Foto: Turmuzi

Hamdani sendiri mengaku, baru dua kali datang liburan ke air terjun Titian Batu Kawangan. Sebelumnya pernah datang berlibur bersama teman-temannya.

Muhammad Reza, pengunjung asal Jakarta mengaku kagum dengan pesona dan keindahan alam sekitar air terjun yang masih alami, segar dan ditumbuhi pepohonan lebat dan rindang, menambah keindahan air terjun.

Baginya, lokasi yang jauh dengan jalan terjal tidak jadi persoalan dan menilainya sebagai tantangan tersendiri untuk bisa sampai lokasi menggunakan sepeda motor, melewati perkebunan kopi dan kakao milik petani.

“Hanya saja, dengan pesona air terjun yang bagus, dari sisi fasilitas seperti toilet dan tempat ganti pakaian belum ada, sehingga mengurangi kenyamanan wisatawan yang berkunjung. Kendati wisatawan masih bisa menikmati suasana dan keindahan alam di air terjun ini,” katanya.

Untuk menjangkau air terjun ini dibutuhkan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan dari Kota Mataram dengan jarak sekitar 45 km. Dari Kota Mataram – Desa Lantan sendiri memiliki jarak sekitar 30 km. Sedangkan jarak antara desa dengan kawasan air terjun adalah 15 km.

Selain air terjun Titian Batu Kawangan, di kawasan hutan Batukliang yang merupakan kawasan Gunung Rinjani juga terdapat sejumlah air terjun lain yang dari sisi keindahan tidak diragukan, antara lain air terjun Benang Setokel, air terjun Benang Kelambu dan sejumlah air terjun lain.

Lihat juga...