Distan Mukomuko Perpanjang Pendaftaran Lahan Replanting

MUKOMUKO – Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, melakukan perpanjangan masa pendaftaran lahan kebun sawit untuk program peremajaan atau replanting. Hal itu dikarenakan, hingga batas akhir pendaftaran di akhir Desember ini baru didapatkan 1.000 hektar lahan.

Sementara sesuai dengan target dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pertanian, Mukomuko mendapatkan kuota replanting seluas 3.000 hektar di 2018. Dan jumlah yang diberikan tersebut menjadi target yang akan dipenuhi oleh institusi tersebut. 

Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Wahyu Hidayat mengatakan, target replanting kebun sawit di Mukomuko tahun depan seluas 3.000 hektar. “Kami targetkan peremajaan kebun seluas 3.000 hektare, sesuai dengan jatah peremajaan sawit di daerah itu dari pemerintah pusat,” katanya di Mukomuko, Jumat (29/12/2017).

Sementara dari proses pendataan yang dilakukan, saat ini baru sekira 1.000 hektar lahan sawit yang didaftarkan untuk mendapatkan progran peremajaan. Lahan yang didaftarkan tersebut telah melengkapi persyaratan yang diberlakukan dalam replanting dari pemerintah pusat.

Dengan kekurangan jumlah lahan untuk peremajaan yang mencapai 2.000 hektar, saat ini telah dilakukan permohonan perpanjangan waktu pendaftaran. Hal itu dikarenakan, proses pendaftaran lahan untuk replanting telah ditutup pada akhir Desember ini.

Diajukan penambahan waktu satu bulan untuk mendapatkan jumlah lahan sesuai target yang telah ditetapkan. “Pihak kementerian memberikan peluang penambahan waktu pendataan kebun kelapa sawit tidak produktif sampai akhir Januari 2018,” ujarnya.

Dinas Pertanian Mukomuko, melibatkan kepala desa di daerah itu untuk mendata kebun kelapa sawit yang produktifitas rendah. Utamanya yang mengalami penurunan produksi karena tanaman kelapa sawit berusia di atas 25 tahun. Termasuk lahan yang hanya bisa memproduksi tandan buah segar kelapa sawit sebesar 10 ton per hektare/tahun.(Ant)

Lihat juga...