Ditpolair Lampung Cari Penumpang yang Terjatuh di Pelabuhan Bakauheni

LAMPUNG — Personel Direktorat Polisi Perairan Kepolisian Daerah Lampung melakukan pencarian atas penumpang yang terjatuh dari KMP Raja Rakata di dermaga tiga Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan.

Kepala Posko bantuan SAR dan Kontigensi Ditpolair Polda Lampung Operasi lilin Krakatau Tahun 2017, Komisaris Polisi Rahono, korban terjatuh akibat terpeleset dari tangga yang akan menuju ke dek kapal.

Kompol Rahono menambahkan korban terjatuh diketahui bernama Panupuan Simorangkir (59) yang berasal dari Pangkalpinang yang berencana menuju Depok Jawa Barat.

Pencarian hari pertama terhalang kondisi cuaca hujan, angin kencang dan gelombang tinggi. Ciri ciri korban berdasarkan informasi penumpang lain mempergunakan celana jeans dan mengenakan jaket sebelum terjatuh ke laut.

“Hari kedua ini kita lakukan pencarian dengan pengerahan personel yang lebih banyak dan peralatan pencarian bersama Polair Polda Lampung, Polres Lampung Selatan dan juga anggota badan pencarian dan pertolongan yang siaga di pelabuhan Bakauheni dalam arus liburan Natal dan Tahun Baru ini,” terangnya saat dikonfirmasi Cendana News di Bakauheni, Sabtu (23/12/2017).

Kepala Posko Bantuan dan Kontigensi SAR Polair Polda Lampung, Kompol Rahono [Foto: Henk Widi]
Peralatan yang dikerahkan di antaranya kapal tipe C1 sebanyak 1 unit, kapal tipe C2 sebanyak XXV-1002, perahu karet 1 unit dengan personel yang disiagakan 11 dari Polda Lampung dan 10 dari Polres Lamsel serta tujuh personel dari Badan Pencarian dan Pertolongan (BPP) atau Basarnas.

“Kita akan melakukan penyisiran ke sejumlah lokasi karena kondisi alam cuaca berangin dan gelombang tinggi disertai hujan sehingga proses pencarian sempat terhambat,” terang Kompol Rahono.

Terkait insiden tersebut kepala cabang PT. JL selaku perusahaan pelayaran pemilik KMP Raja Rakata, Hasan, saat dihubungi membenarkan insiden tersebut terjadi akibat kondisi cuaca dan kapal licin. Terkait insiden tersebut pihaknya telah berkoordinasi dengan perusahaan PT.ALS dan juga siap akan memberikan asuransi atas kecelakaan laut tersebut sembari menunggu proses pencarian yang dilakukan oleh Polair Polres Lampung Selatan dan Polda Lampung.

Lihat juga...