DIY Potensial Lahirkan Atlet Berprestasi Cabor Atletik

YOGYAKARTA – Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berpotensi melahirkan atlet berprestasi dari cabang olahraga (cabor) atletik. Bahkan, potensi dari DIY sangat besar mengingat daerah ini memiliki kondisi daerah yang tidak jauh berbeda dengan Kenya.

Demikia dikatakan Ketua Bidang Organisasi Pengurus Pusat (PP) Persatuan Atletik Indonesia (PASI), Mayjen TNI (Purn) Zacky Anwar Makarim, saat melantik pengurus Pengda PASI DIY masa bhakti 2016-2020 di Gedung BPD DIY lantai 7, Jumat (22/12/2017).

“Kami optimis DIY bisa melahirkan atlet berprestasi, tidak saja di tingkat nasional, tapi mengharumkan nama Indonesia di tingkat internasional,” ucap Zacky.

Ia menjelaskan, optimisme itu bukan tanpa alasan. Menurutnya, salah satu daerah di DIY, yakni Gunungkidul memiliki potensi besar merealisasikan potensi tersebut. Mengingat daerah ini tidak jauh berbeda dengan Kenya yang banyak melahirkan atlet kaliber internasional.

“Bukannya saya ingin menjelekkan Gunungkidul. Daerah ini terkenal tandus, tapi bisa melahirkan atlet berprestasi karena kontur alamnya itu tidak jauh beda dengan negara Kenya. Negara di Afrika ini gudangnya atlet atletik berprestasi dunia, khususnya di nomor lari. Jadi, kenapa tidak kalau Gunungkidul bisa melakukan hal yang sama?” jelasnya.

Karena itu, Zacky berharap, agar para personel di Penda PASI DIY yang baru saja dilantik bisa bekerja dengan sungguh-sungguh untuk terus menggali dan mencari bibit-bibit atlet atletik yang berkualitas.

“Jangan pernah lelah bekerja dan jadikan sebagai motivasi. Ingat, atletik itu ‘ibu’ dari semua cabang olahraga dan merupakan salah satu indikator kualitas suatu bangsa,” paparnya.

Harapan dan tantangan dari PP PASI langsung disanggupi Teguh Raharjo, Ketua Umum Pengda PASI DIY. Teguh yang juga Asisten Deputi Bidang Sentra Pembinaan pada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) berani mematok target ambisius.

Menurut Teguh, PASI DIY dalam dua tahun ke depan, setidaknya mampu melahirkan atlet-atlet dari cabor atletik yang bisa berprestasi di tingkat nasional termasuk internasional.

“Dalam satu dua tahun kami berharap bisa menelorkan atlet berprestasi,” sambung Teguh.

Memimpin Pengprov PASI DIY, Teguh dilantik bersama pengurus lainnya lewat SK PP PASI nomor 10/2016 tertanggal 15 Desember 2016 yang ditandatangani Ketua Umum PP PASI M Hasan.

Lihat juga...