DPRD Riau Cek Realisasi Rumah Layak Huni

PEKANBARU – Anggota DPRD Riau daerah pemilihan Kabupaten Pelalawan-Siak, Sugianto mengatakan, setelah pihaknya melakukan peninjauan ke sejumlah wilayah di Riau, pengerjaan Rumah Sehat Layak Huni dinilai sudah memenuhi standar.

“Cukup baik dan hasilnya memuaskan. Pas kita cek ke lapangan, dengan anggaran Rp50 juta, standarnya sudah oke, ada yang pakai keramik juga,” ujar Sugianto di Pekanbaru, Senin.

Menurutnya, realisasi pembangunan bantuan unit RSLH pada 2017 ini sesuai dengan spek yang direncanakan oleh Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan setempat.

Pemprov Riau membangun 2.000 unit RSLH pada 2017, pembangunan tersebar di seluruh Wilayah di Riau, diharapkan dapat mengedepankan kualitas rumah bagi masyarakat kurang mampu.

Untuk pendistribusian bantuan perumahan, dinilai Politisi PKB Riau tersebut sudah tepat sasaran yang disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan, tidak memiliki rumah yang layak untuk dihuni.

“Sudah tepat sasaran. Saya juga berkoordinasi dengan tim saya, untuk mengawasi sejak awal di dapil saja, begitu juga oleh anggota dewan yang lain, dan hasilnya kami nilai sangat bagus,” tuturnya.

Ia turut mengapresiasi kepala desa di Provinsi Riau, yang sudah berupaya mensukseskan program bantuan perumahan tersebut. “Kami apresiasi kepala desa yang sudah melaksanakan program ini, dan hasil yang sangat memuaskan,” tuturnya.

Menurut Sugianto, program ini wajib diselesaikan untuk dua tahun kedepannya. Apalagi untuk 2018 sudah dianggarkan, sehingga masyarakat yang belum punya rumah layak huni bisa menikmatinya.

Untuk 2018, telah dialokasikan anggaran pembangunan RSLH sebesar Rp120 miliar lebih untuk pembangunan 2.000 unit RSLH. Kemudian pada 2019 direncanakan akan kembali dianggarkan untuk 2.000 unit.

Dimintanya, kepada kepala desa se-Riau untuk segera mempersiapkan administrasi dan pengajuan proposal bantuan rumah layak huni bagi masyarakatnya yang kurang mampu.

“Disegerakan administrasinya, bertujuan agar peruntukan perumahan tersebut bisa dilakukan peninjauan oleh dinas terkait, sehingga bantuan itu lebih tepat sasaran,” ucapnya pula. (Ant)

Lihat juga...