Dua Gol Lingaard Hindarkan United Dari Kekalahan

LONDON – Pemain pengganti Jesse Lingard menjadi dewa penolong bagi timnya Manchester United pada laga lanjutan Liga Premier. Dua gol yang dilesakannya di babak kedua membangkitkan United dari tertinggal 0-2 dan bermain imbang 2-2 dengan Burnley di Old Trafford, Selasa (26/12/2017).

Burnley secara mengejutkan mencetak gol pada menit ketiga setelah terjadi kemelut di mulut gawang. Ashley Barnes menembakkan bola dari jarak dekat dan mereka berpeluang dan merubah kedudukan menjadi 0-1.  Burnley berkesempatan menggandakan keunggulan ketika sepakan voli Scott Arfield menyambar bagian atas mistar gawang.

United menambah tekanan namun Burnley justru mampu memperbesar keunggulan mereka pada menit ke-36 berkat tendangan bebas melengkung yang dilepaskan gelandang Belgia Steven Defour, yang gagal diantisipasi penjaga gawang David De Gea.

Manajer United Jose Mourinho melakukan pergantian pemain ganda saat turun minum, dan Lingard memperkecil ketertinggalan tim tuan rumah dengan sepakan tumit pada menit ke-53. Pasukan Mourinho mendominasi total permainan babak kedua, namun dibuat frustrasi oleh pertahanan keras kepala Burnley sampai Lingard mengemas gol penyama kedudukan pada fase akhir pertandingan. 

Di pertandingan lainnya, Chelsea meraih tiga angka setelah menang 2-0 atas tamunya rapat Brighton and Hove Albion. Gol di babak kedua dari Alvaro Morata dan kompatriot Spanyolnya Marcos Alonso menjadi penyelamat tuan rumah setelah pertandingan di babak pertama yang berjalan kurang menarik.

Chelsea, yang dipimpin Eden Hazard sebagai ujung tombak, menikmati dominasi penguasaan bola dengan sembilan tembakan pada babak pertama. Namun peluang-peluang yang dimiliki Tiemoue Bakayoko, Victor Moses, dan Casc Fabregas terbuang sia-sia karena tidak ada yang bisa diakumulasikan menjadi gol.

Pencetak gol Morata, yang kembali setelah menjalani skors saat timmnya bermain imbang 0-0 dengan Everton, menyambar operan diagonal Cesar Azpilicueta pada menit ke-46. Sementara Alonso menanduk bola dari tendangan sudut pemain internasional Spanyol keempat Cesc Fabregas, untuk menjadi gol kedua 11 menit kemudian.

Kemenangan ini meningkatkan tekanan terhadap tim peringkat kedua Manchester United, yang hanya dapat bermain imbang 2-2 dengan tamunya Burnley. Pada pertandingan selanjutnya Chelsea akan bertemu dengan Stoke City.(Ant)

Lihat juga...