Dukung Wisata Teluk Maumere, Sikka Segera Bangun Dermaga Kapal Pesiar

MAUMERE — Terpilihnya Teluk Maumere menjuarai Anugerah Pesona Indonesia kategori tempat menyelam terbaik, mengalahkan Wakatobi yang sudah terkenal tentu harus menjadi perhatian semua pihak.

Bupati Sikka Drs. Yoseph Ansar Rera menyebutkan, tugas bersama untuk melengkapi lokasi wisata teluk maumere. Selain itu, pada tahun 2018 nanti juga akan dibangun dermaga kapal pesiar dengan berbagai fasilitas.

“Kalau sudah popular wisatawan akan datang sehingga kita harus siapkan fasilitasnya secara baik. Jangan sampai kejadian di Labuan Bajo dimana penyelam meninggal karena kehabisan oksigen terjadi lagi dan membuat wisatawan batal ke Sikka,” tegasnya.

Kemajuan pariwisata di kabupaten Sikka sebut Ansar, baru mulai digerakkan lagi sejak 2013 sehingga masih banyak yang belum dibenahi dan diperbaiki. Jadi kalau disamakan dengan Bali maka sangat jauh, sebab Bali sudah 50 tahun mengembangkan sektor pariwisata.

Bupati Sikka Drs.Yoseph Ansar Rera. Foto : Ebed de Rosary

Kepala dinas Pariwisata dan Kebudayaan kabupaten Sikka, Drs .Kensius Didimus kepada Cendana News mengatakan, dinasnya sudah menganggarkan dana yang akan digunakan untuk menata pantai wisata Wairterang yang nantinya akan menjadi pelabuhan kapal pesiar.

Selain membangun tempat-tempat beristirahat jelas Kensius, pemerintah juga akan menyiapkan perangkat alat menyelam serta fasilitas untuk mengisi oksigen. Pihaknya juga akan menyiapkan tenaga penyelam yang berlisensi untuk mendampigi para penyelam.

“Kalau soal fasilitas memang sudah dianggarkan dan pasti akan disiapkan oleh pemerintah daerah. Namun adanya dermaga juga menjadi peluang bagi masyarakat untuk menjual hasil kerajinan tangan serta sayur dan buah-buahan,” ungkapnya.

Untuk itu kata Kensius, pihaknya sudah meminta kepada pihak desa Wairterang agar menyampaikan kepada masyarakat untuk mulai menanam sayuran dan buah-buahan dan mengajar para petani terkait kualitasnya agar bisa dibeli oleh wisatawan khususnya wisatawan asing.

“Ini sebuah peluang bisnis yang harus ditangkap masyarakat dan saya yakin kalau sayuran pasti bisa disuplai oleh petani di desa Waigete yang sejak dulu sampai sekarang selalu menanam sayuran dan jagung serta buah-buahan,” tuturnya.

Lihat juga...