Everton Pecundangi Swansea City 3-1

LIVERPOOL –– Performa impresif Everton di bawah manajer baru, Sam Allardyce, terus berlanjut. Selasa (19/12/2017), Everton kembali meraih kemenangan usai mempermalukan Swansea City 3-1 di Goodison Park. Everton kini di urutan sembilan dengan 25 poin.

Swansea City yang tengah berjuang keras agar keluar dari zona degradasi, mengawali laga tandang di Goodison Park dengan baik. Beberapa percobaan dilakukan di awal laga, namun belum ada yang membahayakan gawang Jordan Pickford.

Sementara tuan rumah baru bisa memberi ancaman menit 21 melalui Wayne Rooney. Tapi upaya itu pun belum membuahkan hasil. Roque Mesa dan Leroy Fer bergantian mencoba melaukan upaya mencetak gol ke gawang Pickford, namun masih gagal.

Demikian pula dengan Aaron Lennon yang berusaha membuat perubahan bagi tuan rumah. Tapi tim tamu akhirnya yang berhasil memecah kebuntuan pada menit 35. Berawal dari eksekusi bola mati, bola sempat diblok Pickford, namun bola yang gagal dikendaalikan Williams membuka peluang Leroy Fer melepas tembakan ke arah gawang.

Unggul satu gol membuat Swansea kian bersemangat. Martin Olsson kembali memberi ancaman serius bagi Pickford. Sayang, tendangannya masih melebar. Jelang turun minum, tuan rumah akhirnya memaksa skor berubah menjadi sama kuat 1-1.

Gol bermula dari kesalahan Mesa yang menjatuhkan Lennon di dalam kotak terlarang. Wayne Rooney yang jadi eksekutor gagal menuntaskan misi karena bola hasil tendangannya bisa dimentahkan Lukasz Fabianski. Sayang, bola langsung disambar Dominic Calvert-Lewin.

Usai turun minum, performa Everton menurun. Namun setelah menunggu hingga satu jam, gol kedua the Toffees akhirnya lahir menit 64. Gylfi Sigurdsson melepas tembakan dari sisi kiri. Bola melayang melewati Fabianski dan mendarat sempurna di tiang jauh.

Menit 73, Wayne Rooney akhirnya memastikan kemenangan Everton melalui titik putih. Berawal dari kesalahan Olsson yang menjatuhkan Jonjoe Kenny, Rooney memaksa Fabianski memungut bola dari gawangnya untuk ketiga kali.

Kekalahan ini membuat Swansea kian sulit bangkit. The Swans masih tertahan di dasar klasemen Liga Primer dengan hanya mengumpulkan 12 poin hasil dari 18 laga.

Lihat juga...