FHI Cari 60 Pemain dari Kejurnas Hoki

JAKARTA — Pengurus Pusat Federasi Hockey Indonesia (FHI) mencari 60 pemain masing-masing 30 pemain untuk putra-putri untuk berlaga di Asian Games 2018 dari Kejuaraan Nasional 2017 di Arena Hoki Gelora Bung Karno, Jakarta, 9-19 Desember 2017.

“Setelah terkumpul, kami akan mengadakan pemusatan latihan mulai Januari 2018,” ujar Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP FHI Deny Fahruddin di Jakarta, Jumat (15/12).

30 pemain di timnas putra maupun putri nantinya akan diseleksi untuk menemukan masing-masing 18 pemain hoki lapangan yang akan diberangkatkan ke Asian Games 2018.

Deny melanjutkan para pemain timnas itu dipilih dari 11 tim putra dan sembilan tim putri yang berlaga di Kejuaraan Nasional Hoki Lapangan 2017. Total ada sekitar 360 pemain yang ada di turnamen ini.

Tim-tim itu sendiri berasal dari 11 pengurus provinsi FHI di Indonesia yaitu Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Sumatera Utara, Papua, Papua Barat, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur dan Banten.

Sebenarnya, FHI memiliki 15 pengurus provinsi tetapi Lampung, Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau tidak mengirimkan atletnya bertanding di kejurnas.

“Empat provinsi itu tidak ikut karena memang belum bisa menghasilkan atlet yang berkualitas. Di sana olahraga hoki masih tahap pembangunan. Karena itulah semua pemain timnas akan dipilih dari tim peserta kejurnas saja, tidak ada dari luar,” kata Deny.

Mengenai komposisi timnas hoki lapangan di Asian Games, Deny menyebut pihaknya masih akan tetap mengandalkan pemain-pemain timnas hoki baik lapangan maupun di dalam ruangan (indoor) yang berkompetisi di SEA Games 2017 di Malaysia Agustus lalu.

Ketika itu, timnas hoki indoor putra-putri berhasil merebut medali perak, sementara timnas hoki lapangan pulang dengan tangan hampa.

Adapun para pemain timnas SEA Games 2017 ini juga berlaga di kejurnas membela tim-tim provinsi.

“Sekitar 50 persen dari jumlah pemain timnas hoki lapangan untuk Asian Games diperkirakan akan tetap berasal dari timnas hoki lapangan dan indoor di SEA Games 2017. Sisanya akan ada muka-muka baru dari pemain yang mungkin tidak terpantau sebelumnya,” tutur Deny (Ant).

Lihat juga...