Firmino Cetak Dua Gol, Liverpool Hancurkan Swansea 5-0

LONDON – Roberto Firmino mengukir dua gol saat Liverpool menghancurkan klub juru kunci Swansea dengan skor 5-0, Selasa (26/12/2017). Hasil tersebut membawa Liverpool bertahan di peringkat keempat klasemen Liga Inggris.

Juergen Klopp menunjuk Philippe Coutinho sebagai kapten tim dan pemain Brazil itu melepaskan sepakan melengkung ke sudut atas gawang lawan yang berbuah gol pada serangan nyata pertama tim tuan rumah saat pertandingan baru berlangsung enam menit. Andrew Robertson dan Firmino nyaris memperbesar keunggulan pada babak pertama, sementara Swansea terlihat cenderung memainkan posisi bertahan dan jarang memberikan ancaman.

Firmino mengemas dua gol setelah turun minum, kedua gol tersebut mengapit satu gol perdana di liga yang dibukukan bek muda Trent Alexander-Arnold. Dua pemain pengganti Adam Lallana dan Dominic Solanke berpeluang menambah keunggulan timnya sebelum Alex oxlade-Chamberlain mengubah skor menjadi 5-0 dengan penyelesaian indah.

Kemenangan ini membuat Liverpool total mengoleksi 38 poin, unggul satu poin atas tim peringkat kelima Tottenham Hotspur, yang menang atas Southampton pada pertandingan yang dimainkan lebih awal. Sementara Swansea yang sedang tidak memiliki manajer tetap terpuruk di dasar klasemen, dengan terpaut lima poin dari zona aman.

Sementara itu West Bromwich Albion gagal memaksimalkan peluang-peluang mereka di depan gawang ketika mereka ditahan imbang tanpa gol oleh Everton. Tuan rumah melakukan start bagus di The Hawthorns dan berpeluang memecah kebuntuan dari umpan silang Jay Rodriguez, namun penyerang Salomon Rondon gagal mengarahkan bola ke gawang dari jarak dekat pada menit keenam.

Bek Craig Dawson menanduk peluang lain milik West Brom ke atas mistar gawang dari dalam kotak penalti ketika Everton terus kesulitan mengantisipasi umpan-umpan silang menuju area pertahanan pada sebagian besar jalannya laga.

Everton, yang tidak diperkuat pencetak gol terbanyak mereka Wayne Rooney, kurang memiliki daya serang untuk menguji kiper West Brom Ben Foster. Namun pertahanan yang rapat di sisi lain lapangan memastikan mereka tidak terkalahkan pada enam pertandingan liga sejak manajer baru Sam Allardyce mengambil alih tim. (Ant)

Lihat juga...