FKUB Diharap Mampu Jaga Kerukunan Umat

PADANG — Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, menyebutkan kerukunan antar masyarakat dan umat beragama di Sumbar sangat tenteram dan damai. Meskipun ada beberapa gesekan yang menimbulkan konflik, namun itu hanya masalah pribadi seseorang.

“Untuk itu kita ingin di Sumbar jangan sampai kerukunan yang  telah dijaga ini dirusak karena urusan pribadi. Sehingga, membuat keadaan yang selama ini damai dan tenteram malah menjadi berantakan hanya karena satu atau dua orang yang bermasalah secara pribadi,” ungkapnya, dalam pengukuhan pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Forum Pembaruan Kebangsaan (FKB) Sumbar di Auditorium Gubernur, Jumat (15/12/2017).

Dikatakan Irwan, kerukunan mesti terus dijaga di Sumbar, sebab setiap permasalahan yang terjadi yang dapat menimbulkan konflik dapat diselesaikan dengan cara komunikasi.

“Jadi, kunci dari penyelesaian permasalahan yang dapat menimbulkan konflik adalah  komunikasi. Dikarenakan, komunikasi merupakan kunci untuk penyelesaian permasalahan,” ulasnya.

Irwan juga mengimbau masyarakat Sumbar jika ada konflik yang terjadi di tengah masyarakat, jangan langsung dibawa ke ranah hukum, namun selesaikan dengan jalan musyawarah, yakni komunikasi.

Selain itu, konflik yang terjadi antar pribadi jangan membawa agama maupun ras. Sebab, jika membawa kedua hal itu akan berbuntut panjang. “Untuk itu hindari konflik dengan membawa agama dan ras,” ungkapnya.

Untuk itu pula, peran dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Forum Pembaruan Kebangsaan (FKB) Sumbar di Sumbar sangat penting, apalagi dalam menjaga keutuhan perdamaian di Sumbar antar masyarakat.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sumbar, Nazwir, menyatakan, saat ini konflik yang terjadi di Sumbar tidak terlalu menonjol. Meskipun ada beberapa daerah rawan, namun dapat segera disikapi.

“Kenyataan konflik di Sumbar terjadi karena faktor pribadi, dan tidak sampai menyinggung agama dan ras. Untuk itu, kita meminta masyarakat menyikapi permasalahan yang terjadi di masyarakat dengan komunikasi. Sebab, itu satu cara untuk menghindari konflik. Jika ada masalah segera dikomunikasikan untuk diselesaikan. Jangan sampai menimbulkan konflik,” pungkasnya.

Lihat juga...