Hamsik Pastikan Napoli Pemimpin Klasemen di Paruh Musim

MILAN —- Gol di babak pertama dari pencetak gol terbanyak klub Marek Hamsik membawa Napoli menang 1-0 di markas Crotone pada Jumat, memastikan mereka akan mencapai separuh musim Liga Italia sebagai pemuncak klasemen.

Napoli memiliki 48 poin setelah memainkan 19 dari 38 pertandingan, unggul empat poin atas juara bertahan Juventus yang akan mengunjungi markas Verona pada Sabtu. Rekor mereka mencakup 15 kemenangan, tiga hasil imbang, dan satu kekalahan.

Napoli mendominasi penguasaan bola dan menciptakan lebih banyak peluang namun juga sempat mendapat sepasang ancaman serius pada babak kedua, saat melawan tim yang dilatih mantan kiper Italia Walter Zenga.

Hamsik membawa Napoli memimpin pada menit ke-17 pada akhir pergerakan tipikal, memainkan operan satu-dua dengan Allan yang membongkar pertahanan Crotone sebelum melepaskan tembakan yang tidak dapat diantisipasi Alex Cordaz.

Ini merupakan gol ke-117 dari gelandang Slovakia tersebut untuk klub, unggul dua gol dari rekor sebelumnya yang diukir sosok legendaris Argentina Diego Maradona.

Lorenzo Insigne melepaskan tembakan yang dapat ditepis Alex Cordaz dan Driez Mertens melepaskan tendangan bebas melewati mistar gawang pada babak pertama yang dikuasai sepenuhnya oleh tim tamu.

Napoli kembali nyaris mencetak gol ketika Insigne melepaskan tembakan yang membentur mistar gawang pada pertengahan babak kedua, namun bukan hanya mereka yang memiliki peluang.

Adrian Stoian melepaskan tembakan jarak jauh yang melebar setelah merangsek ke depan dari tengah lapangan, dan Giovanni Crociata melepaskan sepakan dari jarak 30 meter yang ditepis Pepe Reina.

Crotone beberapa kali memohon penalti yang diabaikan wasit pada fase akhir pertandingan, dan tayangan-tayangan ulang memperlihatkan bahwa, jauh dari dilanggar, penyerang mereka Federico Ceccherini berupaya menempelkan kakinya pada pemain bertahan Napoli.

Crotone, yang pada musim lalu memperlihatkan salah satu kesuksesan terbesar untuk lolos dari ancaman degradasi, masih menghuni zona merah di peringkat ke-18 dengan 15 poin.[Ant]

Lihat juga...