hut

Hari Juang Kartika, Kodam XIV/Hasanudin Bersihkan Lingkungan

MAKASSAR – Untuk menciptakan lingkungan yang bersih ribuan personil TNI kodam XIV/Hasunuddin mengikuti Karya Bakti.

Bentuk Karya Bakti ini membersihkan lingkungan di daerah Kelurahan Tamangapa, Kecamatan Manggala. Ribuan prajurit TNI kodam XIV/Hasanuddin saling bekerja sama membersihkan rumah pemotongan hewan (RPH) di Kelurahan Tamangapa.

Dipilihnya tempat pemotongan hewan di Kelurahan Tamangapa, karena tempat pemotongan hewan tersebut juga dekat dengan pemukiman warga. Seperti diketahui, bahwa rumah pemotongan hewan ini sangat rentan dengan bakteri dan bau yang tidak tetap. Oleh sebab itulah kegiatan bersih-bersih lingkungan ini digelar di tempat tersebut.

Kepala Kodam XIV/Hasanudin Kolonel Inf Otto Sollu. Foto: Nurul Rahmatun Ummah

Kepala Kodam XIV/Hasanudin, Kolonel Inf Otto Sollu menjelaskan, kegiatan karya bakti tersebut merupakan rangkaian kegiatan dalam menyambut Hari Juang Kartika 2017.

“Hal ini juga merupakan wujud partisipasi dan ikut serta Kodam Hasanuddin dalam mendukung program pemerintah kota Makassar, untuk merealisasikan lingkungan dan tata kehidupan masyarakat yang bersih, sehat dan asri. Serta menjadikan Makassar Tidak Rantasa (Makassar Tidak Kotor),” demikian ujar Kolonel Inf Otto Sollu sebagaimana pernyataan tertulis yang diterima Cendana News (8/12/2017).

Tidak hanya di rumah potong hewan saja, karya bakti membersihkan lingkungan ini juga dilakukan di beberapa titik berbeda. Seperti di pura Giri Natha jalan Perintis dan juga Gereja Ammasangeng Panaikang Makassar.

Kolonel Inf Otto Sollu juga menegaskan kegiatan ini merupakan salah satu gerakan moral guna menyadarkan masyarakat dalam kebersamaan menjaga lingkungan.

“Acara ini adalah juga menggugah kesadaran masyarakat serta menjalin rasa kebersamaan dalam mewujudkan lingkungan yang bersih, indah dan sehat, termasuk bebas dari banjir. Bahwa lingkungan bersih itu penting,” tegasnya.

Apresiasi yang tinggi atas kegiatan ini juga datang dari Camat Manggala, Drs Ansar Umar. Hal ini menunjukkan kepada warga sekitar bahwa menjaga lingkungan tidak hanya tanggung jawab perseorangan atau camat saja, melaikan merupakan tanggung jawab semua pihak.

Ansar Umar menjelaskan, apa yang dilakukan oleh para prajurit TNI bisa menjadi contoh untuk warga sekitar.

“Untuk menjaga kebersihan lingkungan itu merupakan tanggung jawab semua. Kebersihan lingkungan dibutuhkan kerjasama semua orang. Semoga kegiatan ini dapat dicontoh semua masyarakat di Manggala,” tuturnya.

 

Lihat juga...