Hari Juang Kartika, TNI di Solo Lakukan Penghijauan

Editor: Koko Triarko

113
Cinta lingkungan, anggota Koramil 4 Jebres dibantu warga setempat menanam pohon sebagai upaya menghormati jasa para pahlawan di Hari Juang Kartika. -Foto: Harun Alrosid

SOLO — Hari Juang Kartika 2017, tak selalu diperingati dengan kegiatan tempur atau dengan persenjataan. Seperti halnya yang dilakukan Koramil 04/Jebres, Solo, Jawa Tengah, yang memilih melakukan kegiatan cinta lingkungan dengan program penghijuan.

Memilih bantaran Sungai Bengawan Solo yang baru saja meluap dan mengakibatkan puluhan rumah terendam, Koramil Jebres mengerahkan anggotanya untuk menanam pohon bersama. Kegiatan cinta lingkungan ini sebagai upaya mengantisipasi bencana lain, seperti longsor dan erosi akibat Sungai Bengawan Solo.

Danramil 04 Jebres. Lettu Inf. Narno (tengah) bersiap menanam pohon trembesi di bantaran Sungai Bengawan Solo. -Foto: Harun Alrosid

“Program tanam pohon ini  berfungsi  sebagai  penyerapan air  di musim kemarau dan  sebagai sumber oksigen yang besar. Karena di lingkungan perkotaan sudah sulit untuk mencari ruang terbuka hijau,”  ucap Lettu Inf. Narno,Danramil Jebres, Rabu (6/12/2017).

Lebih lanjut, Lettu Narno menjelaskan, program  penghijuan selain dapat mencegah terjadinya erosi atau tanah longsor,  dapat berguna untuk menangkal radiasi dampak dari rumah kaca. Kegiatan yang melibatkan 30 personel ini sebagai wujud menghormati semangat juang para pendahulu.

Menurutnya,  untuk menghormati semangat juang  para pendahulu,  tidak harus dengan bertempur.  Dengan tetap menjaga, agar suasana di lingkungan tetap bersih dan segar dengan  tumbuhan yang rindang  juga merupakan suatu penghormatan.

“Dengan tetap mempertahankan lingkungan kita juga menghormati semangat juang para pendahulu yang telah memberi suasana aman, tempat tinggal yang nyaman dan bersih seperti sekarang,” tekan dia.

Langkah yang harus dilakukan generasi saat ini adalah  dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan.  Program lingkungan tersebut sekaligus untuk menjauhkan masyarakat yang tinggal di bantaran Sungai Bengawan Solo dari ancaman bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

“Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh anggota Koramil 04/Jebres yang sudah memberikan dorongan untuk program penghijuan ini. Karena langkah ini kembalinya nanti juga kepada warga,” tambah Lurah Kampung Sewu,  Henock Sadono.

Diterangkan, program penghijauan yang diinisasi TNI merupakan program nasional. Ke depan, warga Kampung Sewu dapat merawat dan melestarikan tanaman, sehingga bisa menjadi aset bagi generasi yang akan datang.

“Melalui program penghijuan ini, kami mengucapkan selamat Hari Juang Kartika kepada TNI, semoga TNI tetap jaya dan selalu di hati rakyat,” pungkas Henock Sadono.

Komentar