Imigrasi Karawang Tolak 34 Permohonan Paspor

KARAWANG – Kantor Imigrasi Kelas II Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menolak 34 permohonan penerbitan paspor yang diduga diajukan para calon tenaga kerja Indonesia (TKI) ilegal sepanjang 2017.

“Penolakan permohonan penerbitan paspor itu dilakukan karena pemohon diduga TKI nonprosedural,” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Karawang, Yopie Asmara, dalam siaran pers capaian akhir tahun 2017, di Karawang, Selasa (19/12/2017).

Ia mengatakan, petugas menyimpulkan kalau pemohon itu merupakan TKI ilegal diketahui saat wawancara dalam tahapan proses penerbitan paspor. Selain itu, juga diketahui dari identitas pemohon.

Pemohon yang ditolak mengajukan paspor tersebut banyak yang identitasnya bukan Karawang, ada yang dari luar Karawang. Sehingga, petugas mencurigai kalau pemohon itu diduga TKI ilegal.

“Mereka yang ditolak permohonan penerbitan paspor itu juga tidak bisa menunjukkan surat rekomendasi dari Dinas Tenaga Kerja setempat,” katanya.

Pemohon yang diduga TKI ilegal tersebut rata-rata mengajukan untuk ‘terbang’ ke Brunei Darussalam, Malaysia dan Arab Saudi.

Sementara itu, selama Januari-Desember 2017 Kantor Imigrasi Karawang telah menerbitkan 37.509 paspor. Jumlah paspor yang diterbitkan sepanjang tahun ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 30.932 paspor. (Ant)

Lihat juga...