Incar Juara Umum Porda, Kota Yogya Mulai Rancang Strategi

YOGYAKARTA — KONI Kota Yogyakarta mulai merancang persiapan guna menyambut Pekan Olahraga Daerah (Porda) XV tahun 2019 mendatang. Kota yang akan menjadi tuan rumah itu ingin memastikan keluar sebagai juara umum pada gelaran olahraga dua tahunan tersebut.

Salah satu yang dilakukan KONI Kota Yogya adalah dengan menggelar musyawaran perencanaan (musren) olahraga dalam rangka optimalisasi perencanaan dan sinkronisasi anggaran menuju juara umum Porda XV 2019.

“Musren olahraga diikuti 116 peserta baik dari pengkor cabor, koordinator kecamatan, dan KONI Kota. Agendanya perencanaan program dan sinkronisasi angaran 2018-2019,” ucap Sekum KONI Kota Yogya, Rob Sumiarno, Sabtu (9/12/2017) usai pembukaan musren.

Rob mengungkapkan, selain harus mempersiapkan diri agar sukses menjadi tuan rumah, KONI Kota Yogya juga harus menyiapkan semua kebutuhan agar bisa merealisasikan target keluar sebagai juara umum. Kota Yogya terakhir kali menjadi juara umum pada Porda XII tahun 2013 di Gunungkidul.

Pada Porda XIII 2015 di Kulonprogo, Kota Yogya harus rela melorot ke posisi tiga. Posisi pun tak beranjak pada Porda XIV 2017 di Kabupaten Bantul karena kalah bersaing tuan rumah.

Rob Sumiarno, Sekum KONI Kota Yogya. Foto: Sodik

Rob yang juga jurnalis senior menambahkan, pada tahun ini KONI Kota Yogya mendapat alokasi anggaran sebesar Rp12,3 miliar. Anggaran itu lebih besar dari tahun sebelumnya. Sedangkan untuk tahun depan, ia mengaku belum tahu persis berapa yang dibutuhkan.

“Baru mau direncanakan, salah satu tahapannya melalui musren olahraga. Yang jelas fokusnya nanti sebagai tuan rumah Poda XV,” tambahnya.

Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti dalam sambutan tertulis yang dibacakan staf ahli, Tri Widayanto mengungkapkan, pelaksanaan musren olahraga merupakan momentum yang baik untuk bersama dengan stakeholder mengusulkan, merumuskan, dan merencakan program kerja yang akan datang.

“Musren olahraga ini dikatakan berhasil apabila mampu menyusun program kerja secara tepat sasaran dan mampu diaplikasi melalui kegiatan di lpangan. Jika itu bisa dilakukan dengan baik, saya yakin pengembangan olahraga prestasi di Kota Yogya akan semakin baik,” katanya.

Lihat juga...