Inhil Salurkan Bantuan Dua Unit Ambulans Air

TEMBILAHAN – Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) bersiap menyerahkan bantuan dua unit ambulans air. Bantuan diberikan kepada Pemerintah Kecamatan Kateman dan Kecamatan Reteh.

Bupati Kabupaten Indragiri Hilir, Muhammad Wardan mengatakan, pemberian dua unit ambulans air tersebut bermanfaat untuk membawa pasien melalui jalur laut. Sebab, selama ini, baik pihak Rumah Sakit maupun pasien, merasa begitu kesulitan dengan persoalan akses transportasi laut.

“Selama ini, masyarakat harus merogoh kocek dalam-dalam untuk mencarter boat hanya untuk bisa mendapatkan perawatan di dua Rumah Sakit, terlebih Rumah Sakit Tengku Sulung, Kateman,” kata Bupati Muhammad Wardan, Selasa (26/12/2017).

Penyerahan dua unit ambulance air oleh Pemerintah Kabupaten Inhil melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil ini rencananya akan dilakukan di penghujung Desember 2017 ini. Bantuan dua unit ambulance air diperuntukkan sebagai kendaraan operasional pada masing-masing Rumah Sakit Umum yang berada di wilayah Kecamatan tersebut, yakni RS Tengku Sulung dan RS Raja Musa.

Disamping itu, proses rujukan pasien ke RSUD Puri Husada Tembilahan juga terkendala dengan ketiadaan ambulance air. “Padahal, berbicara tentang kesehatan itu adalah prioritas utama karena berkenaan dengan jiwa seseorang,” ucap upati.

Ambulans air adalah sebuah kapal yang diperuntukan bagi kebutuhan transpotasi gawat darurat di daerah perairan. Keberadaan sarana ambulance air diharapkan dapat menekan angka kematian akibat kesulitan mengakses sarana transportasi laut.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil, Zainal Arifin mengatakan, penyerahan ambulance air kepada Pemerintah Kecamatan sebagai kendaraan operasional dua Rumah Sakit di dua Kecamatan tersebut memang didasarkan pada kebutuhan.

“Keberadaan Ambulance air memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat setempat. Semoga saja, ambulance air yang diberikan akan dapat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan,” pungkas Zainal Arifin. (Ant)

Lihat juga...