Jelang Natal, KPPU Balikpapan Awasi Dua Komoditas Pangan

BALIKPAPAN — Naiknya dua komoditas pangan di Kota Balikpapan menjelang perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, menjadi pengawasan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). Dua komoditas pengawasan yang mengalami kenaikan itu adalah harga ayam potong dan telur.

Pengawasan yang dilakukan KPPU adalah dengan mendatangi sejumlah pasar tradisional dan distributor yang ada di Balikpapan. Pasalnya, harga ayam potong kini melonjak tajam hingga Rp60 ribu dari harga sebelumnya Rp40 ribu per ekor. Yang telur yang semula Rp1.600 kini menjadi Rp2 ribu per butir.

“Cari tahu dulu penyebab kenaikan apa, tim kami langsung turun ke pasar tradisional dan modern. Padahal informasi yang kita terima stok cukup dan tersedia untuk Natal dan Tahun Baru,” kata Kepala Kantor Perwakilan Daerah KPPU Balikpapan, Akhmad Muhari, Minggu (24/12/2017).

Kepala Kantor Perwakilan Daerah KPPU Balikpapan, Akhmad Muhari/ Foto: Ferry Cahyanti

Menurutnya, hingga kini belum diketahui apakah ada permainan harga di tingkat produsen dan distributor. Karena pengawasan masih terus dilakukan.

“Tidak etis juga kalau tiba-tiba kami men-hakim tanpa bukti. Makanya tim kami tingkatkan dari distributor ke pasar karena stok mencukupi tapi mahal harganya,” tukasnya.

Muhari juga minta kepada dinas atau lembaga terkait juga meninformasikan kebutuhan pangan agar tidak terjadi kenaikan harga karena ketersediaan pangan cukup. Apalagi kebutuhan dua komoditas itu pada tahun lalu tidak mengalami kenaikan.

“Mestinya dinas terkait menginformasikan harga-harga yang ada di pasar agar masyarakat juga tahu. Masyarakat juga membeli sesuai dengan kebutuhan, jangan berlebih,” tandasnya.

Sementara itu, salah seorang pedagang telur di pasar Buton Balikpapan, Tony mengatakan kenaikan harga telur terjadi sejak sepekan. “Sudah satu minggu harga telur naik, tak tahu penyebabnya,” sebutnya.

Dikatakannya, harga telur satu piring yang biasanya Rp52.000 menjadi Rp56.000.

“Kenaikannya memang signifikan, tapi memang dari distributor begitu,” tutupnya.

Lihat juga...