Jelang Porpov, Prajurit Kodim 0735 Solo Mantapkan Latihan Yongmodo

SOLO — Guna meningkatkan kemanpuan prajurit TNI, Kodim 0735 Solo menggelar latihan bersama bela diri Yongmodo. Yongmodo sendiri merupakan salah satu cabang bela diri yang telah diprogramkan di Kesatuan Angkatan Darat (AD).

Kopda Joko Riyadi salah satu pelatih Yongmoodo menyampaikan, bela diri Yongmoodo ini merupakan campuran seni bela diri dari Korea yang diadopsi sebagai olahraga bela diri resmi di jajaran TNI AD. Seni bela diri Yongmoodo mengutamakan ketepatan, kecepatan, dan kekuatan dalam duel jarak dekat.

“Beladiri Yongmoodo tidak hanya mengandalkan gerakan tendangan dan pukulan saja, tetapi juga memadukan gerakan tinju, bantingan, dan juga kuncian. Sehingga beladiri Yongmoodo ini menjadi salah satu cabang bela diri wajib dijajaran TNI AD,” terang Kopda Joko, Jumat (29/12/2017).

Pelatih yang sudah menyandang Sabuk hitam Yongmoodo ini juga menyampaikan, pada 2018 nanti cabang bela diri Yongmoodo akan dipertandingkan dalam kejuaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov).

Latihan yang diikuti seluruh prajurit TNI Kodim Solo ini selain meningkatkan kemampuan dalam beladiri latihan Yongmoodo juga sebagai sarana olahraga untuk menjaga stamina dan kebugaran tubuh bagi prajurit.

“Dari itu melalui beladiri Yongmoodo ini nantinya para prajurit dapat mengukir prestasi dan mengharumkan nama satuan, khususnya Kodim 0735/Surakarta,” tambahnya.

Sementara itu, Pasiops Kodim 0735/Surakarta Kapten inf Edi Susilo menegaskan, kegiatan latihan bela diri Yongmoodo merupakan program yang harus dilaksanakan. Oleh karena itu seluruh prajurit Kodim 0735/Surakarta melaksanakan latihan beladiri Yongmoodo ini secara rutin dan terjadwal.

“Saya tegaskan kepada seluruh prajurit untuk melaksanakan latihan ini dengan semangat dan sungguh-sungguh. Ikuti semua petunjuk dan arahan dari pelatih. Sehingga dalam pelaksanaan latihan ini tidak hanya sekedar melaksanakan dan menghabiskan waktu latihan, tetapi bener-bener bisa dirasakan manfaatnya bagi masing-masing individu,” imbuh Kapten Inf Edi.

Selama mengikuti latihan yang digelar di Lapangan Makodim, seluruh prajurit ditegaskan untuk bersungguh-sungguh. Latihan rutin Yongmodo digunakan sebagai ajang persiapan jelang Porprov Jateng.

“Jangan malas untuk berlatih, asah diri dengan kemampuan perorangan. Salah satunya dengan latihan beladiri Yongmoodo ini,” pungkasnya.

Lihat juga...