Ke UGM, Jokowi Main Tebak-tebakan Foto Jadul

YOGYAKARTA – Presiden RI Joko Widodo melakukan hal yang tak biasa saat menjadi pembicara utama dalam rapat terbuka Universitas Gadjah Mada dalam rangka Dies Natalis ke 68 di Graha Shaba Pramana UGM, Selasa.

Presiden Jokowi yang merupakan alumni UGM itu mengajak sejumlah hadirin untuk bermain tebak-tebakan.

Lalu apa yang ditebak? Ternyata yang ditebak adalah foto kenangan Presiden Jokowi saat masih menjadi mahasiswa di UGM. Melalui layar proyektor LCD yang ditampilkan, Presiden menunjukkan foto lawas miliknya saat berpose bersama teman-teman mahasiswanya.

“Di gambar itu saya yang mana?” tanya Jokowi. “Yang di bawah duduk,” jawab salah seorang tamu undangan. “Salah, cari yang paling ganteng pasti dapat,” timpal Jokowi.

Salah satu foto yang ditunjukkan Presiden Jokowi. Foto: Jatmika H Kusmargana

Tak puas pada satu gambar, Jokowi kemudian menampilkan dua gambar lain, dan meminta tamu undangan lainnya untuk menebak. “Jangan yang itu, saya juga lupa yang mana,” katanya meminta gambar lain karena tak mengenali dirinya dalam foto.

Meski sudah beberapa kali, begitu hadir memasuki ruangan, Jokowi sendiri mengaku langsung teringat dengan kenangan 37 tahun lalu, saat menjadi mahasiswa mahasiswa berambut gondrong dan bercelana cut bray.

“Dulu saya waktu mahasiswa cita-cita pengen jadi Pegawai Perhutani. Tapi malah jadi Presiden,” ujarnya disambut tawa hadirin.

Jokowi datang ke UGM untuk menjadi pembicara utama dan memberikan kuliah umum dalam rapat terbuka Universitas Gadjah Mada dalam rangka Dies Natalis ke 68 di Graha Shaba Pramana UGM, Selasa.

Ia nampak datang didampingi Ibu Negara dan salah seorang anaknya. Sejumlah menteri kabinet seperti Mensesneg Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Menristekdikti Muh Natsir juga terlihat mendampingi Jokowi.

Salah satu foto Presiden Jokowi ketika mahasiswa. Foto: Jatmika H Kusmargana
Lihat juga...