Kebakaran Hutan Meluas, Ribuan Warga Los Angeles Mengungsi

52
Ilustrasi wilayah Los Angeles Amerika Serikat - Dokumentasi CDN

CALIFORNIA – Kebakaran di kaki perbukitan daerah utara negara bagian Los Angeles, Amerika Serikat, semakin meluas. Hingga Selasa (5/12/2017), kondisinya semakin mengancam ribuan rumah.

Kebakaran tersebut telah memaksa ribuan warga mengungsi mencari tempat aman. Dilaporkan kebakaran hutan tersebut telah memakan korban satu nyawa dan memadamkan listrik.  

Sekitar 7.700 rumah tangga di Ventura County sebuah daerah yang setara dengan kabupaten dan terletak sekitar 115 km barat laut Los Angles, mendapat perintah mengungsi. Perintah diberikan setelah area yang terbakar meluas sampai 25.000 hektar. “Kebakaran Api Thomas meluas, membakar hutan semak kering pada Senin malam,” kata Petugas Ventura County dalam akun media sosial mereka, Selasa (5/12/2017).  

Satu korban tewas akibat kejadian tersebut adalah seorang penunggang sepeda motor. Sementara lebih dari 250.000 rumah harus bertahan tanpa listrik dan dua gardu listrik hancur. “Kami mengungsikan anak-anak terlebih dahulu. Kebakaran ini sangat menakutkan, saya tidak menyangka bisa mengalami ini, namun sekarang saya mulai khawatir,” kata Warga Los Angeles, Melissa Grande.   

Sekitar 500 petugas pemadam kebakaran kini sudah dikerahkan untuk memadamkan api yang menghancurkan gardu listrik. Sementara angin kuat yang bertiup dari timur membuat api menjalar ke kota-kota di daerah Santa Paula dan Ventura, di mana sekitar 140.000 warga tinggal.  

Kebakaran hutan tersebut diperparah oleh angin kencang berkecepatan 115 km per jam. Badan Cuaca Nasional Amerika Serikat memperkirakan angin akan terus bertiup di daerah yang sama akibat kelembapan rendah sepanjang pekan ini. “Kami sekarang hanya bisa berupaya menghentikan penyebaran api di ujungnya,” kata petugas pemadam kebakaran Ventura, Jason Hodge. (Ant) 

Komentar