Kemendageri Pastikan Pencetakan e-KTP Tuntas dalam Tiga Bulan ke Depan

BALIKPAPAN — Sekretaris Ditjen Kependudukan Kemendagri, I Gede Suratha menyebutkan, dalam tiga bulan ke depan dipastikan perekaman KTP elektronik akan tuntas, menyusul Kementerian Dalam Negeri RI telah melakukan pencetakan 36 juta blanko.

Diterangkan, secara infrastruktur seperti blanko mulai dipersiapkan dan disiapkan melebihi dari cukup. Selanjutnya sistem penunggalan telah berjalan dengan normal dimana yang tadinya tidak langsung dicetak saat ini sudah dapat direkam dan cetak.

“Seperti license perekaman sudah tercukupi. Sedangkan perawatan sistem juga sesudah dilakukan secara baik sehingga masyarakat tak perlu khawatir. Sekarang tinggal kebersamaan semua pihak, Ombudsman, DPR, Pers, masyarakat semua komponen karena masalah kependudukan ini masalah bangsa bukan hanya Disdukcapil,” paparnya dalam kegiatan Perempuan Peduli Pelayanan Publik di Lapangan Merdeka, Balikpapan, Minggu (24/12/2017).

Sekretaris Ditjen Kependudukan I Gede Suratha (batik)/Foto: Ferry Cahyanti

Kesiapan infrastruktur yang dimiliki pemerintah pusat dan pemda dalam pemenuhan kebutuhan KTP elektronik siap. Sedangkan distribusi ke daerah juga tidak masalah, karena selama ini kota yang dekat dengan pusat pencetakan blanko langsung didrop seperti DKI, Jawa Tengah, Jawa Timur.

“Sedangkan di luar itu diambil oleh provinsi atau juga kabupaten kota. Untuk Kaltim yang melakukan perekaman sudah mencapai 97 persen, bahkan melebihi angka nasional,” sebutnya.

Komisioner ORI Pusat, Ninik Rahayu mengatakan mengenai perekaman KTP elektronik pada 2016 telah memberikan masukan dan saran. Kemudian dihasilkan 11 item yang menjadi rekomendasi. Di antaranya infrastruktur, blanko, perekaman dan segala macam.

“Setelah terdapat masukan dan saran, untuk di tahun 2017 ini ada perbaikan. Ada 1,8 juta warga negara Indonesia dan 200 ribu yang masih belum dapat blanco walaupun sudah rekam. Mari kita awasi bersama apakah betul 500 ribu yang sudah melakukan perekaman dapat KTP. Karena janjinya 2018 sudah selesai,” ujarnya.

Lihat juga...