Kemenhub Bangun Dermaga Perintis Pulau Numfor

37
Ilustrasi/Foto: Dokumentasi CDN.

BIAK — Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membangun fasilitas dermaga perintis di Kampung Yenbeba, Kepulauan Numfor, Kabupaten Biak Numfor, Papua.

Kehadiran dermaga perintis Pulau Numfor untuk membantu masyarakat dalam kebutuhan transportasi laut, kata Kepala Dinas Perhubungan Biak Otto P Wanggai dihubungi di Biak, Rabu (6/12).

Ia mengatakan pembangunan pelabuhan perintis dilakukan Kemenhub sangat sejalan dengan kebutuhan warga di kepulauan yang menghendaki adanya fasilitas pelabuhan perintis.

Dengan adanya pelabuhan perintis, katanya, diharapkan dapat membantu masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan transporasi laut untuk memasarkan hasil perikanan dan kebun warga ke Kota Biak dan Kabupaten Manokwari.

Otto mengatakan kehadiran pelabuhan perintis di Kepulauan Numfor diharapkan dapat menunjang pemenuhan kebutuhan transportasi laut warga di pulau tedepan, tertinggal, dan terbelakang.

Menyinggung besaran anggaran pembangunan dermaga perintis Pulau Numfor, menurut Ottoi, untuk anggaran mulai perecanaan, pengawasan hingga pekerjaan fasilitas fisiknya sekitar Rp2 miliar.

Dinas Perhubungan sangat berharap pembangunan pelabuhan perintis yang dialokasikan Kemenhub dapat berjalan lancar hingga selesai, katanya.

Pada 2017, Kementerian Perhubungan juga telah membangun dermaga pelabuhan yang dikelola PT Pelindo IV Cabang Biak (Ant).

Komentar