KK Tite Hena Jakarta Luncurkan Tite Hena Award

MAUMERE – Paguyuban masyarakat Flores Timur diaspora Jabodetabek yang dikenal dengan Kerukunan Keluarga (KK) Tite Hena Jakarta, luncurkan program Tite Hena Awards. Untuk pertama kalinya, program tersebut akan digelar di agenda Gebyar Akhir Tahun bersama Masyarakat Flores Timur Diaspora Jabodetabek.  

Ketua Tite Hena Simon Lamakadu mengatakan, Tite Hena Awards 2017 adalah program yang pertama. “Kerukunan Keluarga (KK) Tite Hena, untuk pertama kalinya, akan meluncurkan sebuah program baru yakni Tite Hena Awards yang akan diberikan kepada orang-orang yang telah membaktikan dirinya untuk kemajuan paguyuban dan lewotanah Flores Timur,” ujarnya Jumat (8/12/2017).

Pemberian Awards akan digelar pada acara yang bertajuk Bakti untuk Lewotana pada Minggu (31/12/ 2017). Pemberian penghargaan akan diawali dengan Misa Inkulturasi Lamaholot yang dipimpin oleh Uskup Larantuka, Mgr.Frans Kopong Kung, Pr. Di acara tersebut juga akan digelar Festival Kuliner khas Lamaholot, Tite Hena Song & Music Competition.

Tite Hena Awards disebutnya, sebagai ajang penghargaan apresiasi kepada Individu-individu baik yang berada di Jabodetabek maupun di lewotana Flores Timur. Penghargaan diberikan atas dedikasi & kontribusi yang telah diberikan secara sadar untuk membuat perubahan dan kemajuan komunitas Tite Hena maupun lewotana Flores Timur.

Sebagai sebuah paguyuban masyarakat, lanjut Simon, KK Tite Hena Jakarta terus eksis dalam menjaga tali silaturahmi antar sesama masyarakat Flores Timur diaspora Jabodetabek. Selain itu juga berupaya untuk terlibat secara nyata dalam membangun lewotanah Flores Timur sesuai dengan visi misinya.

“Untuk Tite Hena Awards 2017 ini akan diberikan kepada 1 orang pemenang yang berdomisili di Lewotanah Flores Timur dari kurang lebih 9 bidang kegiatan yang dipooling. Dan akan diundang ke Jakarta untuk mempresentasikan apa yang sudah dikerjakannya,” terangnya.

Sementara penghargaan untuk individu yang berdomisili di Jabodetabek dan telah berkontribusi untuk pengembangan dan kemajuan paguyuban KK Tite Hena Jakarta akan mendapatkan 3 kategori Tite Hena Award. Penilaiannya bersifat tertutup oleh panitia. Dan pemenangnya pun akan diumumkan pada malam penutupan tahun, 31 Desember 2017.

“Dengan adanya Tite Hena Awards ini, diharapkan agar mampu menggugah dan mendorong lebih banyak lagi individu untuk terlibat aktif sebagai bagian dari perubahan baik dalam KK Tite Hena sebagai paguyuban masyarakat Flores Timur diaspora Jabodetabek maupun di lewotana Flores Timur lewat kerja-kerja sosial, kreatif, produktif dan berkelanjutan yang bersifat pemberdayaan,” harapnya.

Pengurus Tite Hena Philip Randu Weking menambahkan, ada kurang lebih 9 bidang kegiatan yang akan diikutsertakan dalam mekanisme pooling yakni Pendidikan, Pertanian dan Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan, Pariwisata, Pemberdayaan Masyarakat, Organisasi Kepemudaan, Pemberdayaan Perempuan, IT dan Rekayasa Teknologi serta Seni Budaya dan Kearifan Lokal.

Adapun syarat dan ketentuan yang diberlakukan panitia diantaranya kandidat harus berdomisili di Flores Timur, didaftarkan oleh individu atau komunitas dengan mengisi formulir yang telah disediakan. Ada dua metode pendaftaran yang disiapkan panitia yakni dengan cara online dan mengisi formulir yang dikirim kembali ke email panitia: pengurustitehena@gmail.com untuk diverifikasi datanya.

“Kandidat yang memenuhi syarat akan diikutsertakan dalam mekanisme pooling lewat pooling link yang akan diinformasikan oleh panitia.Saat ini sedang dilakukan tahapan sosialisasi dan pendaftaran hingga 7 Desember 2017,” beber Randu.

Setelah itu akan dilakukan pooling online dari 8-16 Desember 2017, dimana pada tahapan ini, nominator atau promotor diberi kesempatan untuk mempromosikan diri lewat media sosial dengan membuat tulisan ataupun menampilkan foto-foto kegiatan yang telah mereka kerjakan. Hasil pooling ini akan membantu panitia dalam menentukan siapa pemenangnya.

“Penentuan pemenang sepenuhnya menjadi hak panitia. Proses pooling dapat memberikan acuan kepada panitia bagaimana apresiasi publik terhadap individu yang dinominasikan. Pemenang Tite Hena Awards iini diarahkan pada individu yang memiliki visi yang sejalan dengan Tite Hena serta hal-hal yang dianggap menjadi skala prioritas pembangun di lLwotana,” ujarnya.

Lihat juga...