Kodam Pattimura Hijaukan Desa Hatu

HATU — Dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika ke-72 tahun 2017, Kodam XVI/Pattimura mengadakan penghijauan lingkungan di Puncak Sion Desa Hatu, Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah, Senin (12/12).

Kegiatan penghijauan berupa penanaman pohon itu dipimpin oleh Komandan Kodim (Dandim) 1504/Ambon Letkol Inf Roynald Sumendap dengan tema “Manunggal Dengan Rakyat TNI Kuat”.

Wakil Bupati Maluku Tengah Marlatu Leleuri dalam sambutannya mengatakan pemerintah daerah dan msayarakat Maluku Tengah menyambut positif kegiatan itu.

“Kodam XVI/Pattimura telah mempelopori penghijauan dalam bentuk penanaman pohon, semuanya bertujuan untuk menjadi contoh kepada masyarakat agar timbul kesadaran untuk menjaga dan memelihara kelestarian lingkungan hidup. Kiranya kegiatan ini dapat memotipasi masyarakat untuk menanam pohon dan melestarikan lingkungan sekitar,” katanya.

Marlatu mengakui, sebagian besar kerusakan hutan terjadi akibat ulah masyarakat melakukan penebangan pohon secara liar dan tidak mau melakukan penanaman kembali.

Sementara itu, Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Tri Soewandono dalam sambutannya mengatakan, penanaman pohon secara serentak di wilayah Kodam XVI/Pattimura dilakukan dalam rangka memperingati hari lahirnya TNI-AD (Hari Juang Kartika) tanggal 15 Desember.

Tahun ini, rangkaian kegiatan yang dilakukan meliputi Lomba lari Marathon 10 KM, Pengobatan massal yang dilaksanakan di Ternate, Penanaman Pohon, Donor Darah dan kegiatan-kegiatan sosial lainnya.

“Kegiatan Hari Jadi Kartika sengaja diadakan dalam bentuk sosial karena TNI-AD lahir beserta masyarakat,” kata Kasdam.

Adapun jenis-jenis bibit pohon buah yang ditanam antara lain Mangga sebanyak 130 pohon, Durian 90 pohon, Nangka 26 pohon, Rambutan 12 pohon, Sukun 5 pohon, Duku 5 pohon, Cengkeh 600 pohon dan Pala 200 pohon.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan bibit tanaman dan sembako secara simbolis kepada Bapak Enos Tehupiori (pemilik lahan) dan lima orang perwakilan masyarakat Desa Hatu (Ant).

Lihat juga...