Kodim 1306/Donggala Bantu Desa Terpencil

PALU  – Komandan Kodim 1306/Donggala Letkol Kav I Made Maha Yudhiksa memberikan bantuan berupa alat tulis dan buku pintar membaca, sekaligus peletakan batu pertama pembangunan Sekolah Dasar Swadaya Masyarakat, di Dusun Lero, Desa Tambolobate, Kecamatan Rio Pakava, Kabupaten Donggala.

Wilayah tersebut merupakan salah satu daerah terpencil di Donggala, dimana anak-anak usia sekolah masih membutuhkan pendidikan yang layak. Sementara akses untuk menuju wilayah itu, hanya berjalan kaki dengan medan yang terjal, menyusuri hutan dan harus menyeberangi beberapa sungai.

Dandim mengatakan walaupun berada di daerah terpencil sekalipun, anak-anak usia sekolah, harus mendapatkan pendidikan yang layak.

“Suatu saat nanti, mereka akan generasi menjadi penerus bangsa dan negara ini,” tegas Dandim.

Bagi Dandim, masih banyak masyarakat di Indonesia yang tidak mengenyam bangku pendidikan sebagaimana mestinya, khususnya di daerah-daerah terpencil dengan akses transportasi yang tidak memadai.

Dandim menjelaskan, menjadi bangsa yang maju, tentu merupakan cita-cita yang ingin dicapai oleh setiap negara. Namun maju atau tidaknya suatu negara, dipengaruhi oleh faktor pendidikan.

Kata Dandim, karena begitu pentingnya pendidikan, sehingga suatu bangsa dapat diukur apakah bangsa itu maju atau mundur. Selain itu, dunia pendidikan juga tentunya akan mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, baik dari segi spiritual, intelegensi dan keterampilan, serta merupakan proses mencetak generasi penerus bangsa.

“Jika kualitas pendidikan kita baik, maka yakinlah kualitas sumber daya manusia juga kita akan baik pula, sehingga mampu bersaing dengan generasi dari negara mana saja di dunia ini,” tutup Dandim.

Sementara itu, salah seorang anak usia sekolah di daerah, Ani mengaku bersyukur atas bantuan dari tentara, karena alat tulis dan buku, merupakan barang yang mahal dan sulit mereka dapatkan.

“Kami disini ingin bersekolah dan ingin pintar, seperti orang-orang yang ada di kota,” harap Ani. (Ant)

Lihat juga...