KPK: Berkas Setya Novanto Sudah P-21

Editor: Irvan Syafari

41
Juur Bicara KPK Febri Diansyah/Foto: Eko Sulestyono.

JAKARTA — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjelaskan bahwa Berkas Acara Penyidikan (BAP) terkait kasus perkara Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) dengan tersangka Setya Novanto dinyatakan telah selesai atau P-21.

Dengan demikian penyidik KPK secara resmi telah melimpahkan BAP Setya Novanto ke penuntutan atau segera disidangkan di Gedung Pengadilan Tipikor Jakarta.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi sejumlah wartawan di Jakarta membenarkan bahwa secara keseluruhan BAP Setya Novanto sudah rampung atau selesai 100 persen, termasuk merapikan sejumlah dokumen dan berkas penting lainnya.

KPK menyerahkan secara simbolis BAP Setya Novanto kepada pihak yang bersangkutan dalam hal ini diwakili Otto Hasibuan, salah satu pengacara sekaligus kuasa hukum tersangka Setya Novanto.

“Benar hari ini penyidik KPK menyerahkan BAP pelimpahan tahap kedua untuk tersangka Setya Novanto. Dengan demikian BAP Setya Novanto dinyatakan sudah lengkap atau P-21. Selanjutnya berkas itu dilimpahkan ke penuntutan atau segera disidangkan di Pengadilan Tipikor Jakarta,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi wartawan di Jakarta, Rabu (6/12/2017).

Febri menambahkan bahwa sebenarnya penyerahan BAP Setya Novanto secara simbolis dan penyerahan tersangka kepada pihak Jaksa Penuntut Umum (JPU) hanya merupakan aspek formil saja menjelang proses persidangan lanjutan di Pengadilan Tipikor Jakarta.

Febri menjelaskan pihak KPK menyerahkan sepenuhnya jalannya persidangan kepada pihak Pengadilan Tipikor Jakarta.

Otto Hasibuan, pengacara sekaligus kuasa hukum Setya Novanto saat ditemui wartawan di Gedung KPK Jakarta membenarkan bahwa kedatangannya ke KPK dalam rangka menerima penyerahan BAP Setya Novanto yang diserahkan secara simbolis oleh pihak KPK.

Sementara itu tersangka Setya Novanto sudah tiba di Gedung KPK Jakarta sejak pagi untuk keperluan menandatangani sekaligus menerima BAP dari pihak penyidik KPK.

Menurut penjelasan Otto Hasibuan, dirinya mengaku bahwa sejak kemarin pihaknya mendapatkan Infornasi terkait pelimpahan BAP tahap kedua atas nama Setya Novanto. Otto kemudian mengajak sejumlah pengacara untuk mendampingi kliennya terkait penyerahan BAP tersebut.

“Kedatangan saya ke Gedung KPK bersama teman-teman tim kuasa hukum sekaligus pengacara Setya Novanto sekadar mendampingi klien kami terkait penandatanganan dan penyerahan BAP secara simbolis. Dengan demikian kasus perkara yang bersangkutan segera dilimpahkan ke penuntutan atau segera disidangkan di Pengadilan Tipikor Jakarta,” pungkas Otto Hasibuan.

Otto Hasibuan di Gedung KPK Jakarta/Foto: Eko Sulestyono.

Komentar