KPU NTB Jalin Kerja Sama Sukseskan Pesta Demokrasi

MATARAM- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nusa Tenggara Barat, menjalin kerja sama dengan para pemangku kepentingan, guna menyukseskan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019.

Ketua KPU NTB, Lalu Aksar Ansori, mengatakan kerja sama yang dituangkan dalam nota kesepahaman tersebut sebagai upaya mengajak para pihak untuk menyukseskan jalannya pesta demokrasi yang berlangsung lima tahunan tersebut.

“Kami mengajak semua pihak ikut menyukseskan dan ikut menjadi bagian pelaksanaan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019,” kata Aksar, Jumat (22/12/2017).

KPU NTB sejauh ini telah menandatangani nota kesepahaman dengan para pemangku kepentingan yang terlibat mulai dari TNI, Polri, Kanwil Kementerian Agama, Kanwil Kementerian Hukum dan HAM, dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Menurutnya, ada sejumlah agenda yang akan dilakukan KPU NTB dalam konteks Pilkada 2018 dan Pemilu 2019, di antaranya pemutahiran data pemilih. Hal ini dilakukan karena data pemilih ini tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tapi ada beberapa pihak yang punya kepentingan dengan data pemilih termasuk TNI/Polri, karena ada warga sipil di lingkupnya. Termasuk, membantu pemerintah dalam memperbaiki data kependudukan dan informasi Pilkada.

“Harapan kami baik sukses pilkada maupun sukses pemutakhiran data yang berkelanjutan,” terangnya.

Sementara itu, Danrem 162/WB, Kolonel Farid Ma’ruf, MA., menegaskan komitmennya untuk mengamankan jalannya pemilukada dan pemilihan umum. “Kami dari TNI dan Polri siap amankan pilkada dan pemilihan umum,” tegasnya.

Karena itu, pihaknya tetap menjaga netralitas dan bahkan juga mewanti-wanti agar anggota TNI khususnya untuk tetap netral, karena jika ada maka akan diambil tindakan tegas. “Kalau ada anggota kami yang tidak netral silahkan lapor, pasti akan ditindak tegas,” katanya.

Farid juga dengan tegas memberikan dukungan kepada KPU untuk melakukan pemutakhiran data pemilih. “Kami berharap, dalam pemilu tidak ada konflik dan netralitas penyelenggara pemilu tetap dijaga, penyelenggara pemilu melaksanakan pemilu dengan sebaik baiknya,” tandasnya. (Ant)

Lihat juga...