Kriminalitas Akhir Tahun Tinggi, Kapolda Lampung Copot Kapolres

LAMPUNG – Kepala Kepolisian Daerah Lampung Inspektur Jenderal Polisi Suroso Hadi Siswoyo dalam pemeriksaan kesiapan pelabuhan Bakauheni dalam melayani arus liburan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 menyebut, puncak arus liburan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 diprediksi akan terjadi pada Jumat malam (22/12) seiring dengan liburan para pekerja di sekitar Banten dan Jakarta yang melakukan perjalanan ke Pulau Sumatera.

Irjen Pol Suroso Hadi Siswoyo menyebut, pengerahan personil akan dilakukan untuk memberi rasa aman kepada masyarakat yang akan berlibur. Bahkan ia memastikan akan menjamin keamanan dari tindak kriminalitas dan premanisme termasuk meminimalisir kejahatan. Ia tegaskan akan mencopot Kapolres di wilayah Polda Lampung jika akhir tahun ini angka kriminalitas masih tinggi. Terutama tindak pencurian dengan kekerasan yang dikenal dengan sebutan begal.

“Jangan pernah ada istilah begal di sini, saya akan bertindak tegas mencopot Kapolres yang wilayahnya masih sangat rawan dari tindakan kriminalitas tersebut,” terang Kapolda Lampung Inspektur Jenderal Polisi Suroso Hadi Siswoyo didampingi Kapolres Lampung Selatan AKBP M. Syarhan saat dikonfirmasi di Pelabuhan Bakauheni dalam peninjauan keamanan  arus libur Natal dan Tahun Baru, Jumat (22/12/2017).

Arus penumpang pejalan kaki turun kapal Roro dari Pelabuhan Merak Banten dan naik dari Pelabuhan Bakauheni Lampung [Foto: Henk Widi]
Irjen Pol Suroso Hadi Siswoyo menyebut, sebisa mungkin masyarakat tidak menggunakan istilah begal karena istilah tersebut dalam KUHP sebenarnya tidak ada, dan yang ada adalah tindak pencurian serta kekerasan.

Sebagai langkah antisipasi ia memastikan anggota akan melakukan tindakan tegas dan terukur kepada pelaku kejahatan jika masih muncul, terutama dalam arus liburan. Polda Lampung memastikan menyediakan personil sniper di sejumlah titik penting terutama jalur lalu lintas yang diduga rawan angka kriminalitas.

Khusus di Pelabuhan Bakauheni jenderal bintang dua tersebut memastikan akan menjamin keamanan warga yang berlibur yang tiba di pelabuhan Bakauheni pada malam hari dan kerap takut melanjutkan perjalanan karena khawatir soal keamanan terutama penumpang menggunakan kendaraan umum.

Kepolisian berkoordinasi dengan PT. ASDP Indonesia Ferry dalam penyiapan armada bus. Koordinasi juga dilakukan dengan Organisasi Pengusaha Angkutan Darat (Organda) dan Dinas Perhubungan Provinsi Lampung dan Lampung Selatan. Saat terjadi lonjakan penumpang bus dan kendaraan lain harus selalu tersedia untuk mengangkut penumpang di Pelabuhan Bakauheni ke sejumlah kota di Lampung.

“Berdasarkan rapat koordinasi semua instansi sudah siap mengamankan arus mudik liburan Natal dan tahun baru kali ini. Dipastikan penumpang dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera bisa sampai ke tempat tujuan masing-masing,” beber Irjen Pol Suroso Hadi Siswoyo.

Berkoordinasi dengan pihak pelaksana proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Irjen Pol Suroso Hadi Siswoyo juga menegaskan dalam situasi crowded atau kepadatan kendaraan dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera dan sebaliknya, khusus roda empat ia memastikan akses jalan tol dari STA 00 hingga STA 8,9 dari Bakauheni ke Hatta sudah bisa dipergunakan. Akses jalan tol tersebut diakuinya sudah bisa digunakan meski belum diresmikan, terutama saat jalan lintas Sumatera mengalami kepadatan.

Langkah rekayasa lalu lintas  juga berkoordinasi dengan pihak Satlantas Polres Lampung Selatan dengan melakukan sterilisasi jalur masuk Pelabuhan Bakauheni. Yaitu melarang kendaraan truk ekspedisi dan kendaraan lain untuk berhenti di sepanjang jalur masuk Pelabuhan Bakauheni yang berpotensi mengganggu kelancaran lalu lintas selama arus liburan Natal dan Tahun Baru.

Selain bagi masyarakat yang berlibur, jaminan keamanan juga diberikan kepada umat Kristiani yang melangsungkan ibadah perayaan malam Natal dan Hari Raya Natal dengan menerjunkan personil dari setiap Polsek terdekat dengan gereja. Jaminan keamanan bagi umat Kristiani yang akan menjalankan ibadah tersebut juga dilakukan dengan mengajak  Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) di tingkat provinsi hingga kecamatan, ikut menjaga kenyamanan beribadah.

Jaminan keamanan juga diberikan Polda Lampung saat malam perayaan pergantian tahun dan sejumlah objek vital berupa tempat keramaian seperti mall, tempat wisata yang akan dijaga oleh personil Polri dan TNI serta berbagai pihak. Kenyamanan dan keamanan harus tetap menjadi perhatian utama seluruh Polres dan jajarannya, khususnya yang ada di wilayah hukum Polda Lampung.

Kapal roll on roll off di dermaga II Pelabuhan Bakauheni Lampung [Foto: Henk Widi]
Lihat juga...