Kunjungan Wisatawan ke Balikpapan Belum Capai Target

Editor; Irvan Syafari

51
Obyek Wisata Pasar Inpres Kebun Sayur Pusat Oleh-Oleh Balikpapan/Foto; Ferry Cahyanti.

BALIKPAPAN — Menjelang akhir 2017, kunjungan wisatawan ke Kota Balikpapan belum mencapai target sebesar 2,3 juta pengunjung. Hingga Oktober 2017 kunjungan wisatawan ke kota minyak mencapai 2,1 juta wisatawan. Dari jumlah tersebut 31 ribu merupakan wisatawan mancanegara, sedangkan sisanya wisatawan domestik.

Adapun jumlah obyek wisata yang ramai dikunjungi wisatawan adalah Pasar Inpres Kebun Sayur yang merupakan pusat oleh-oleh maupun suvenir Kalimantan Timur. Selanjutnya Pantai Manggar Segara Sari kemudian disusul menyusuri Hutan Mangrove Graha Indah dan Kebun Raya Balikpapan.

“Targetnya kan 2,3 juta pengunjung tahun ini. Alhamdulillah kunjangan wisawatan di kota Balikpapan sampai Oktober itu ada 2,1 juta sekian, wisman 31 ribu targetkan 32 ribu lebih,” terang Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, Oemy Fasesly, saat ditanya kunjungan wisatawan ke Balikpapan, Rabu (6/12/2017).

Dia optimis sampai akhir tahun kunjungan wisatawan akan mencapai target mengingat jelang akhir tahun libur Natal dan Tahun Baru akan mendongkrak kunjungan wisatawan.

“Masih ada waktu sampai akhir tahun, kami optimis mencapai target karena tahun begitu banyak pertemuan yang diselenggarakan di Balikpapan sehingga mendongkrak kunjungan wisatawan,” tukasnya.

Untuk target tahun kunjungan wisatawan tahun 2018 Oemy menargetkan 2,4 juta kunjungan. Dalam mencapai target itu pihaknya bekerjasama dengan Organisasi Perangkat daerah (OPD) dan stake holder.

“Berbagai kegiatan diupayakan akan diselenggarakan di Balikpapan, baik itu event nasional maupun internasional. Yang sudah terjadwal ada pertemuan Ikatan Dokter Indonesia, fun bike dan lainnya,” papar perempuan yang juga pelatih tari tradisional Balikpapan.

Selain itu pada 2018 nanti, Oemy menambahkan akan melakukan pembenahan Pantai Manggar dengan membuat pujasera, penahan abrasi dan kegiatan perbaikan jalan.

Insha Allah ada pujasera. Terus kita akan buat pemagaran pantai,” tutupnya.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Balikpapan, Oemy Fasesly/Foto; Ferry Cahyanti.

Komentar