Lahan Pertanian Seluas 24 Ribu Hektare di HSU Belum Tergarap

AMUNTAI — Sekitar 24 ribu hektare dari 60 ribu hektare potensi lahan pertanian di Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan, belum digarap.

Sekretaris Himpunan Kelompok Tani Indonesia Hulu Sungai Utara, Ilhamsyah Noor, Selasa (26/12) mengatakan, potensi lahan pertanian di daerahnya mencapai 60 ribu hektare namun yang tergarap hanya sekitar 36 ribu hektare.

“Sebenarnya menanam padi dalam satu tahun bisa mencapai lima kali tanam namun yang bisa dipanen satu kali saja akibat berbagai kendala seperti banjir dan perencanaan kerja yang belum maksimal,” katanya.

Ilhamsyah mengatakan hadirnya Himpunan Kelompok Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan petani, apalagi pengurus HKTI 10 kecamatan di Kabupaten HSU mayoritas diisi para petani.

Seiring pergantian pengurus HKTI HSU periode 2017- 2022 HKTI HSU menargetkan bisa membantu pemerintah daerah dalam melakukan perluasan lahan tanam pertanian padi.

“Kita berharap lahan-lahan tidur bisa produktif sehingga lebih banyak petani terangkat kesejahteraannya,” kata Ilhamsyah.

Lihat juga...