Latih Kemandirian, Pramuka Pamarican Gelar Pesta Siaga

CIAMIS – Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Pamarican, menggelar kegiatan Pesta Siaga, yang dilaksanakan di Lapangan Desa Neglasari, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis (14/12/2017).

Kegiatan tersebut diikuti oleh sekitar 768 Siswa, yang dikelompokkan ke dalam 98 barung dari 48 pangkalan Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) di wilayah Kecamatan Pamarican.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Hafidz SR, S.Pd.I., mengatakan, kegiatan Pesta Siaga ini, bertujuan untuk melatih kemandirian, membina, dan meningkatkan keterampilan, serta memperkuat persaudaraan antar anggota pramuka, khususnya tingkat Pramuka Siaga yang ada di wilayah Kecamatan Pamarican.

Anggota Pramuka Siaga saat mengikuti salah satu kegiatan yang dilombakan dalam pelaksanaan kegiatan Pesta Siaga di Kwarran Pamarican, yaitu berburu tikus. Foto: Baehaki Efendi

Pesta Siaga adalah salah satu wahana untuk menempa diri generasi muda bangsa Indonesia sejak usia dini sehingga diharapkan ke depan akan lahir patriot-patriot bangsa yang handal dan berkarakter baik.

“Dalam Pesta Siaga ini, terdapat banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil, seperti dapat membangkitkan semangat untuk berpacu meraih prestasi. Sekaligus sebagai evaluasi dalam pelaksanaan latihan rutin yang dilaksanakan oleh masing-masing pangkalan Gugus Depan,” katanya.

Bebagai keterampilan anak dari usia 7 hingga 10 tahun ini, diujikan. Ada uji ketrampilan merayap, fazzel, kim (penciuman), melempar bola, berjalan di atas bambu, berburu tikus, yel-yel, balap karung, bermain bola dengan botol, dan permainan lainnya.

Terpisah, Ketua Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Pamarican, Totong Suryana, S.Pd., menilai bahwa kegiatan Pesta Siaga, sangat tepat dilaksanakan. Dengan maksud dan tujuan untuk mengukur atau membandingkan sejauh mana keterampilan, wawasan dan pengetahuan kepramukaan yang telah diberikan oleh setiap pembina dan dimiliki masing-masing anak pramuka siaga dari setiap pangkalan Sekolah, baik SD maupun MI, yang ada di wilayah Kecamatan Pamarican.

“Seluruh peserta yang mengikuti kegiatan Pesta Siaga, diharapkan untuk bisa mengikuti semua kegiatan dengan sebaik mungkin, patuhi semua aturan, perintah, dan saran yang disampaikan oleh kakak-kakak Panitia dan Pembimbing dari masing-masing utusan pangkalan Sekolah. Bertanding secara sportif serta junjung sportivitas. Jadikan momen ini sebagai ajang silaturahmi antaranggota pramuka,” tandasnya.

Lihat juga...