Leupung, Pusat Peringatan 13 Tahun Tsunami

BANDA ACEH – Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menggelar peringatan 13 tahun gempa dan tsunami di Kecamatan Leupung, Aceh Besar.

“Peringatan 13 tahun gempa dan tsunami di Aceh dipusatkan di halaman Masjid Al Ikhlas, Gampong Meunasah Masjid, Kecamatan Leupung, Aceh Besar,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Reza Fahlevi di Banda Aceh, Senin.

Peringatan 13 tahun gempa dan tsunami Aceh digelar pada Selasa 26 Desember mendatang. Peringatan 13 gempa dan tsunami tersebut mengangkat tema melawan lupa, bangun kesadaran masyarakat menuju budaya siaga bencana.

Kegiatan tersebut nantinya akan dihadiri langsung Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, masyarakat dan undangan lainnya.

Pemilihan Kecamatan Leupung, Aceh Besar, sebut Reza Fahlevi, sebagai lokasi utama penyelenggaraan peringatan tsunami didasarkan kepada kejadian masa lalu.

“Kecamatan Leupung merupakan wilayah mengalami dampak serius akibat gempa dan gelombang tsunami yang mengakibatkan kehancuran harta benda dan korban ribuan nyawa masyarakat setempat,” ungkap Reza.

Lebih lanjut, Reza Fahlevi menjelaskan peringatan gempa dan tsunami setiap tahun diperingati. Peringatan tersebut dipusatkan di wilayah terkena tsunami dan dilakukan secara sederhana.

Lihat juga...