Libur Panjang, Lonjakan Penumpang di Bandara LIA

LOMBOK TENGAH – Libur Natal dan jelang tahun baru, terjadi lonjakan penumpang dan sudah mulai berlangsung di Bandara Lombok International Airport (LIA) Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Berdasarkan data yang tercatat di bandara LIA, jumlah penumpang hingga H-1 untuk arus liburan tercatat dari tanggal 18 hingga 24 Desember 2017, sebanyak 77.757,” kata General Manager (GM) LIA, l Gusti Ngurah Ardita, Senin (25/12/2017).

Sedangkan untuk jumlah pesawat tercatat sebanyak 635 pesawat sejak dibukanya Posko Natal Tahun 2017 dan Tahun Baru 2018 di Lobby LIA.

Jika dilihat dari perbandingan penumpang yang berangkat dari Lombok dengan yang menuju Lombok terjadi perbedaan, dimana jumlah penumpang yang berangkat lebih sedikit dari yang datang.

Namun hal ini merupakan hal yang baik untuk pariwisata Lombok, masih banyak wisatawan yang berlibur ke NTB. Meski beberapa waktu lalu terganggu oleh aktivitas erupsi Gunung Agung di Provinsi Bali. Banyak wisatawan yang tidak bisa datang ke NTB akibat penutupan bandara.

“Mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang, kami akan terus meningkatkan fasilitas pendukung demi kenyamanan wisatawan yang melakukan liburan ke NTB,” katanya.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata NTB, Muhammad Faozal mengatakan, dirinya optimis jumlah kunjungan wisatawan akan terus mengalami peningkatan menyusul libur tahun baru.

Dikatakan, sejumlah hotel berbintang terutama hotel kawasan objek pariwisata sudah mulai ramai terisi oleh wisatawan yang hendak merayakan liburan dan tahun baru di Lombok. Baik di kawasan Senggigi, tiga Gili di Lombok Utara, dan di hotel kawasan objek wisata lain.

“Kita optimislah, target tiga juta kunjungan wisatawan ke NTB tahun 2017 bisa tercapai, baik wisatawan Nusantara maupun wisatawan mancanegara,” katanya.

Suasana kepadatan penumpang di bandara LIA. Foto: Turmuzi
Lihat juga...