LKE Polinema Asah Kemampuan Generasi Muda Pecinta Robotik

MALANG — Semakin berkembangnya teknologi terutama di bidang industri, mengakibatkan kebutuhan akan sistem robotik dan automasi di masa yang akan datang terus meningkat.

Untuk menghadapi tantangan tersebut, Himpunan mahasiswa Elektro Politeknik Negeri Malang (POLINEMA) menggelar acara Lomba Kreatifitas Elektro (LKE) yang bertajuk ‘Break Your Limit on Logic Tournamen’.

Ketua umum Himpunan mahasiswa elektro Polinema, Fikri menyampaikan, tujuan diadakannya LKE adalah untuk mewadahi sekaligus mengasah kemampuan dari anak-anak muda yang memiliki keahlian di bidang elektro khususnya robotik dan automasi.

Menurutnya, manfaat robotik dalam kehidupan sehari-hari arahnya lebih ke industri. Line follower sendiri sekarang banyak digunakan untuk sistem di perusahaan. Begitu juga dengan Programmable Logic Control (PLC) dimanfaatkan untuk sistem automasi di perusahaan dimana banyak terdapat mesin.

“Jadi kami disini bisa memprogram bagaimana caranya agar mesin-mesin tersebut bisa otomatis berjalan tanpa harus dikendalikan oleh manusia,” jelasnya kepada Cendana News, Sabtu (9/12/2017).

Ketua Himpunan Elektri, Fikri/Foto: Agus Nurchaliq

Lebih lanjut Fikri menjelaskan, acara lomba yang digelar selama dua hari tersebut tidak hanya diikuti oleh peserta dari Malang saja tetapi dari berbagai daerah di Indonesia mulai dari Bali hingga Riau.

“LKE diikuti oleh siswa SMP dan SMA serta mahasiswa perguruan tinggi dari berbagai daerah. Ada sekitar 280 tim yang mengikuti LKE,” ungkapnya.

Untuk tahun ini ada tiga kategori yang diperlombakan yakni line follower analog, mikro dan PLC. Kategori Analog untuk SMP dan SMA, mikro untuk SMA dan perguruan tinggi, sedangkan PLC khusus untuk mahasiswa.

Disebutkan Fikri, hadiah ratusan juta rupiah telah disiapkan panitia untuk pemenang. Selain mendapatkan hadiah, pemenang nantinya akan dikirim ke Jakarta untuk mengikuti pelatihan sertifikasi dari Omron secara gratis.

“Kami berharap semoga lomba ini bisa bermanfaat bagi peserta sehingga bisa memotivasi mereka kedepannya khususnya dalam bidang elektro robotika agar bisa bermanfaat bagi masyarakat,” pungkasnya.

Lihat juga...