Lokasi Strategis, Bendungan Batujai Dijadikan Wisata Air Tengah Kota

LOMBOK — Lokasi yang berada di tengah Kota Praya, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadikan bendungan Batujai sebagai salah satu objek wisata yang banyak dijadikan lokasi liburan atau sekedar jalan sore oleh masyarakat.

Baik di lokasi bendungan maupun sepanjang pinggiran bendungan yang bisa diakses kendaraan masyarakat Lombok Tengah. Taman Tunjung Beru termasuk paling ramai kunjungan, karena lokasi dekat dari pusat Kota Praya.

Selain bendungan dan taman, tidak sedikit di antara masyarakat melakukan wisata air menaiki perahu mengelilingi bendungan. Dengan lokasi strategis dan ramainya kunjungan tersebut, Balai Wilayah Air (BWS) NTB bersama Pemkab Lombok Tengah akan menjadikan bendungan Batujai sebagai kawasan objek wisata air.

“Bendungan Batujai merupakan satu-satunya bendungan di tengah kota yang dijadikan sebagai kawasan objek wisata oleh masyarakat, karena itu potensi yang ada, selain taman, wisata air juga kita kembangkan,” kata Kepala BWS, Asdin Juliady saat mengunjungi dan meninjau proses pembersihan tanaman eceng gondok bendungan Batujai, Sabtu (22/12/2017).

Kepala BWS NTB, Asdin Juliady saat mengunjungi dan meninjau proses pembersihan tanaman eceng gondok bendungan Batujai, Lombok Tengah/Foto : Turmuzi

Dikatakan, Batujai juga merupakan satu-satunya bendungan yang dikerjakan secara swakelola, oleh masyarakat tahun 70-an, dengan lima anak sungai.

Untuk mempercantik bendungan Batujai, BWS sendiri telah melakukan penataan kawasan bendungan, terutama bagian bibir bendungan termasuk melakukan pengerukan sedimentasi yang memenuhi permukaan bendungan dan mengakibatkan bendungan mengalami pendangkalan.

“Sampai saat ini sudah 10 juta kubik sedimentasi yang kita keruk dan kembali dilanjutkan pada 2018 ini, termasuk akan ada bantuan khusus pembersih sampah dan eceng gondok,” katanya.

Lebih lanjut ia menambahkan, hasil pengerukan sedimentasi yang mengendap tersebut nantinya akan digunakan untuk membuat pulau, Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa di tengah bendungan, termasuk program menebar Ikan di seluruh bendungan di NTB.

Johari, warga asal Kelurahan Tengarai Kota Praya berharap, selain membangun mempercantik objek wisata bendungan Batujai, Pemkab Lombok Tengah diharapkan juga bisa membangun kawasan wisata memancing.

“Bendungan Batujai selain indah, juga asyik dibangunkan lokasi wisata mancing, dari luasan bendungan termasuk lokasi juga sangat mendukung, jadi selain bisa rekreasi, kita yang hobi memancing juga bisa liburan sambil mancing ikan,” katanya.

Lihat juga...